PENATAAN AREA PARIWISATA SUMUR BANDUNG DI DESA CIJENGKOL MENGGUNAKAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH

Authors

  • Silvy Sondari Gadzali Universitas Subang
  • Irine Zaki Oktaviani Universitas Subang
  • Sri Nurul Janah Universitas Subang
  • Iin Rahayu Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19340

Keywords:

Participatory Action Research, Penataan, Wisata

Abstract

Artikel ini merupakan sebuah paparan kegiatan pengabdian masyarakat dalam membantu masyarakat desa Cijengkol Kecamatan Serangpanjang di Kab. Subang dalam penataan potensi desanya. Tujuan penulisan artikel ini adalah menjabarkan keberhasilan kegiatan pengabdian yang dilakukan dalam membantu masyarakat desa dalam penataan potensi desa dalam bidang wisata. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah Participatory Action Research yang berisikan kegiatan berupa partispasi, aksi dan riset. Hasil yang didapatkan adalah masyarakat, aparat desa dan pemerintah daerah mengapresiasi dan mendapatkan bahwa hasil kegiatan mahasiswa sangat berperan dalam membantu penataan wisata Sumur Bandung yang merupakan tempat wisata di desa Cijengkol. Kesimpulan memberikan manfaat, baik bagi tempat Wisata Sumur Bandung maupun pihak- pihak yang terkait dalam pengelolaan Desa Wisata Sumur Bandung.

References

Leedy, P. D. (1989). Practical Research (4th ed.). New Jersey: Pearson.

Muhid, A., Afandi, A., & Sucipto, M. H. (2015). Modul participatory action research (PAR) untuk pengorganisasian masyarakat (community organizing). Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Republik Indonesia, (2009) Nomor 10 Tahun 2009 Pasal I Ayat (3) tentang Kepariwisataan. Lembaran Negara RI Tahun 2009, No. 4966. Sekertariat Negara. Jakarta.

Sabon, V. L., Perdana, M. T., Koropit, P. C., & Pierre, W. C. (2018). Strategi Peningkatan Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Pada Asean Economic Community. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen. Esensi. Jurnal Bisnis dan Manajemen, VIII(2), 163-176.

Satriadi. (2020). Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Solok(Sumatra Barat). Solok - Sumatra Barat: Insan Cendikia Mandiri (Grup Penerbitan CV Insan Mandiri).

Setiawan, I. (2015). Potensi Destinasi Wisata di Indonesia Menuju Kemandirian Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK (SENDI_U) (pp. 1-6). Semarang: Universitas Stikubank.

Suharna, M. A., & Hamzah, A. (2022). Pendampingan Pembukaan Pariwisata Baru Pada Bumdes Mekar Sejahtera Desa Cibitung Menggunakan Metode Participatory Action Research. Jurnal Tunas, 4(1), 80-85. doi:http://dx.doi.org/10.30645/jtunas.v4i1.78.g77

Tilaar, H. (2009). Kekuasaan dan pendidikan : Manajemen pendidikan nasional dalam pusaran kekuasaan (1st ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Yunanmalifah, M. A., Mulyaningsih, T., Fadholi, A. A., Choirunissa, A., Medina, B., Hendrawati, B. P., . . . Ramdani, T. (2021). Penataan Destinasi Dan Strategi Promosi Guna Meningkatkan Jumlah Wisatawan Di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Karang Mataram. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, 8(2), 168-180.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Gadzali, S. S. ., Oktaviani, I. Z. ., Janah, S. N. ., & Rahayu, I. . (2023). PENATAAN AREA PARIWISATA SUMUR BANDUNG DI DESA CIJENGKOL MENGGUNAKAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7871–7876. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19340

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.