PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA ( TOGA ) UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT DI DESA KEMANG

Authors

  • Al- Zasiah Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Anissa Pranadewi Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Sarah Nadia Pasaribu Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Amrina Rosada Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Rizal Junianto Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Asmawati Asmawati Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18078

Keywords:

TOGA, Tanaman Obat

Abstract

Toga merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat obat dan dikenal mampu mengobati berbagai jenis gangguan/penyakit. Diketahui juga bahwa tanaman toga digunakan untuk memberikan pertolongan pertama pada orang yang benar-benar sakit yang jauh dari tempat berobat seperti demam, batuk, flu dan sakit gigi, dll. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat untuk kesehatan tubuh manusia. Penggunaan TOGA adalah untuk mempermudah pendekatan tanaman obat, dalam upaya menyehatkan masyarakat umum. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian TOGA, maka penelitian berikut ini akan membahas mengenai apa itu tanaman TOGA, dan khasiat tanaman obat keluarga (toga). Penelitian ini dilakukan dengan menjelaskan pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) dalam kesehatan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai manfaat dan khasiat tanaman obat keluarga (TOGA) yang dilakukan di Desa Kemang ini dilakukan melalui beberapa tahapan atau metode sebagai berikut: (1) memberikan arahan kepada ma  syarakat khususnya ibu-ibu PKK dan kepala desa yang turut hadir dalam acara Program Kerja kami, untuk melakukan penanaman yang benar dan baik serta menginformasikan bahwa banyak sekali manfaat dan khasiat yang terkandung di dalam tanaman TOGA ini untuk kesehatan keluarga yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal.

References

Rahmawati, A. Fatmawati dan Nurhidayat, 2020. Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) sebagai Pengobatan Herbal Bagi Masyarakat Dusun Pimpinga Desa Batu rappe kecamatan Biring Bulu Kabupaten Gowa. Lontara Abdimas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2 (1) : ISSN : 2721- 2742.http://jurnal.poltekkesmu.online/abdimas.

Savitri,A., 2016. Tanaman Ajaib Basmi Penyakit dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Mengenali Ragam dan Khasiat TOGA Meramu Jamu Tradisional/ Herbal dengan TOGA, Bibit Publisher, Depok.

Herbie, T., 2015, Kitab Tanamann Berkhasiat Obat 226 Tumbuhan Obat untuk Penyembuhan Penyakit dan Kebugaran Tubuh, OCTOPUS Publishing House, Yogyakarta.

Mindarti, Susi, dan Nurbaeti, B., 2015, Buku Saku Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Balai PengkajianTeknologi Pertanian Jawa Barat, Bandung

T. Hariyati dan R. Lesmana, 2022. Sosialisasi Dan Pelatihan Pengolahan Produk Olahan Toga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga.Diandra Jurnal Pengabdian Kepamayarakat Vol. 01 No.1 (2022): 26-31.

Nursiyah, 2013. Studi Deskriptif Tanaman Obat Tradisional yang Digunakan Orang Tua untuk Kesehatan Anak Usia Dini di Gugus Melati Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo, Skripsi, UNNES, Semarang.

Permenkes No. 75 tahun 2014 diunduh melalui :

http://buk.depkes.go.id/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=52&Itemid=14

Savitri A. (2016). Tanaman Ajaib Basmi Penyakit dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Mengenali Ragam dan Khasiat TOGA Meramu Jamu Tradisional/ Herbal dengan TOGA. Bibit Publisher, Depok.

Hikmat, A., Zuhud, E.A.M., Sandara, E., Sari, R.K. (2011). Revitalisasi konservasi tumbuhan obat keluarga (TOGA) guna meningkatkan kesehatan dan ekonomi keluarga mandiri di Desa Contoh Lingkar Luar Kampus IPB Darmaniaga Bogor. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. 16 (2); 71-80.

Laporan Praktik Keperawatan Profesi Ners Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners PSIK STIKes Hang Tuah Pekanbaru di Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru Tahun 2017.

Duaja M.D., Kartika E., Mukhlis F. (2011). Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Wanita dalam Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) do Kecamatan Geragai. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, No. 52. Hal 74 – 79.

Anynomous. 2019. https://pertanian.pontianakkota.go.id/artikel/55-pengolahan-hasil- pertanian-mudahnya-membuat-jahe-instan.html

____. 2020. https://kumparan.com/millennial/kunci-hidup-sehat-di-era-new- normal-1tofzprEDgX/full

Kartasapoetra. 1992. Budidaya tanaman Berkhasiat Obat. Rineka cipta. Jakarta Mindarti Susi, Bebet Nurbaeti, 2015. Tanaman Obat Keluarga (Toga), Balai Pengkajian

Teknologi Pertanian (BPTN), Jawa Barat.

Nurdiwayati, dkk. 2017. Pemberdayaan Wanita Melalui Tanaman Toga Untuk Membantu Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pemberdayaan Wanita Melalui Tanaman Toga Untuk Membantu Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Jurnal ABDINUS Vol.1 No. 1. Hal: 20-27. Kediri.

Sopandi. 2011. Tanaman Obat Tradisional (Jilid II). PT. Sarana Panca Karya Nusa. Bandung

Sukmawati, Merina. 2019. Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal Instan Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga. JPKM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 25 No. 4. Hal: 210-2015.

Aini N. 2002. Penganekaragaman Pengolahan Ubi Jalar Untuk Pengembangan Industri Rumah Tangga dan Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pembangunan Pedesaan Vol. III No. 3: 21-27

Anonimus. 2013. Profil Desa Bukian Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Anonimus. 2009. Aneka Olahan Ubi Jalar, Mie Basah, Enyek-enyek, Abon, Dendeng. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi. Institut Pertanian Bogor.

Aini N. 2002. Penganekaragaman Pengolahan Ubi Jalar Untuk Pengembangan Industri Rumah Tangga dan Masyarakat Pedesaan. Jurnal Pembangunan Pedesaan Vol. III No. 3: 21-27

Anonimus. 2013. Profil Desa Bukian Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar

Anonimus. 2009. Aneka Olahan Ubi Jalar, Mie Basah, Enyek-enyek, Abon, Dendeng. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi. Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Zasiah, A.-., Pranadewi, A. ., Pasaribu, S. N. ., Rosada, A. ., Junianto, R. ., & Asmawati, A. (2023). PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA ( TOGA ) UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT DI DESA KEMANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6421–6426. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18078