PENANAMAN DAN PEMANFAATAN LAHAN KOSONG UNTUK PENANAMAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) BAGI WARGA DESA WATANGPANJANG

Authors

  • Lilik Uzlifatul Jannah Universitas Islam Lamongan
  • Hidayatul Mufidah Universitas Islam Lamongan
  • Cindyyana Cahyaningrat Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18632

Keywords:

Sosialisasi, Pelatihan. Tanaman Obat Keluarga/TOGA

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berada di Desa watangpanjang, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur dengan skema KKNPPM. Melihat kondisi lahan di Desa watangpanjang yakni sebagian besar wilayahnya terdiri atas lahan subur dan banyak lahan kosong maka bisa dimanfaatkan sebagai lahan tanaman obat keluarga, dengan menambah wawasan pengetahuan tentang tanaman obat keluarga, ketersediaannya tanaman obat keluarga di sekitar rumah dengan harga yang terjangkau bisa menjadi pertolongan pertama bagi lingkungan yang jauh dari instansi kesehatan. Tanaman obat keluarga merupakan tumbuhan yang ditanam oleh keluarga di sekitar area rumah serta memiliki khasiat penyembuhan sebagai apotek hidup yang dapat difungsikan oleh keluarga untuk memberikan khasiat obat dengan tujuan memenuhi kebutuhan keluarga akan obat obatan. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan pembuatan obat melalui tanaman berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab, dan pembuatan kebun Tanaman Obat keluarga. Hasil dari sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai TOGA, serta meningkatkan kesehatan dan pendapatan dalam keluarga yang berada di Desa watangpanjang.

References

Atmojo, M., & Darumurti, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tanaman Obat Keluarga (Toga). Jurnal Abdimas Bsi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 100-109.

Kuncoro, S., Auliyah, A. D., Amanda, A., Efrilia, D., Adelia, D., Putra, F., ... & Fajar, S. P. (2022). Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Ibu-Ibu Pkk Dengan Sosialisasi Dan Penanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga) Di Kelurahan Jelitik. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 78-83.

Mas’ula, S., Ahdhianto, E., Thohir, M. A., & Iruntyasari, N. (2023). Pelatihan Cara Penanaman Toga Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Warga Desa Ngenep. Jurnal Abdinus: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), 260-270.

Nauli, F. A., Rahmadani, A. N., Jakoswa, F. L., Putri, I. H., Anugrah, N., Chilika, N., ... & Fauziah, N. N. (2023). Penanaman Dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga (Toga) Di Desa Karya Bhakti Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 6-10.

Permadi, Y. W., Wirasti, W., & Ersila, W. (2022, December). Pendampingan Penanaman Dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) Untuk Pencegahan Covid-19 Dalam Media Polybag Di Desa Api-Api Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan. In Prosiding Seminar Nasional Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah'asyiyah (Vol. 1, Pp. 160-167).

Pamungkas, S. J., Radian, M., Alamsyah, N., Nikhayatul, A., Silvi, D., Hanik, U., ... & Artikel, H. (2021). Sosialisasi Penggunaan Tanaman Obat Keluarga (Toga) Untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat Di Kelurahan Wates. Abdipraja, 2(1), 71-76.

Riastuti, R. D., & Sustianingsih, I. M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Rempah Toga Sebagai Upaya Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19. Bakti Nusantara Linggau: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 41-46.

Sari, S. M., & Rasyid, T. A. (2019). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) Pada Masyarakat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.

Sari, R. E., & Martin, A. R. (2021, October). Manfaat Berkebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) Untuk Kesehatan Mental & Jiwa Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, Pp. 273-278).

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Jannah, L. U. ., Mufidah, H. ., & Cahyaningrat, C. . (2023). PENANAMAN DAN PEMANFAATAN LAHAN KOSONG UNTUK PENANAMAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) BAGI WARGA DESA WATANGPANJANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7050–7054. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18632