PENGARUH GADGET TERHADAP ANAK USIA DINI

Authors

  • Maryam Batubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Imam Muslim Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tengku Alfi Syahrin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Yunus Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ismi Nujaima Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisa Ul Husna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18945

Keywords:

Gadget, Anak usia dini, Perkembangan anak

Abstract

Penggunaan gadget, seperti smartphone, tablet, dan komputer, telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern. Namun, penggunaan gadget oleh anak usia dini telah menjadi perhatian utama dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh gadget terhadap perkembangan anak usia dini, dengan fokus pada aspek kognitif, sosial, dan kesejahteraan psikologis mereka. Studi ini melibatkan survei dan tinjauan literatur yang cermat untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget oleh anak usia dini dapat memberikan manfaat dalam bentuk peningkatan keterampilan kognitif, seperti literasi digital, kemampuan pemecahan masalah, dan pengembangan keterampilan motorik halus. Namun, terdapat juga dampak negatif, seperti gangguan tidur, ketergantungan, dan penurunan kemampuan berkomunikasi sosial. Selain itu, temuan juga mengungkapkan bahwa kualitas penggunaan gadget oleh anak usia dini dan pengawasan orang tua memainkan peran penting dalam menentukan pengaruhnya. Orang tua yang lebih aktif dalam mengawasi waktu layar dan memilih konten yang sesuai dapat mengurangi dampak negatif penggunaan gadget. Penelitian ini menggarisbawahi perlunya kesadaran dan pendekatan yang bijak dalam mengelola penggunaan gadget oleh anak usia dini. Sebuah pendekatan yang seimbang dapat memaksimalkan manfaat teknologi modern sambil menjaga perkembangan holistik anak usia dini.

References

Adwiah, Amalia Rabiatul, and Raden Rachmy Diana. 2023. “Strategi Orang Tua Dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2): 2463–73.

Bangsawan, Indra, Ridwan Ridwan, and Naelul Fauziyah. 2022. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 8(1): 31–39.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1). https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Dini, Anak Usia, and Perkembangan Sosial. ?Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini 1,2.? 6(1): 58?66.

Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1175

Fitri, Yulia, Bibin Sulianto, Neneng Fitria, and Sri Fitria Retnawaty. 2018. ?Jurnal Photon Vol. 9. No. 1, Oktober 2018.? Photon 9(1): 1?8. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/photon/article/view/1057/612.

Hidayati, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Panca Mukti Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. [Diploma Thesis, IAIN Bengkulu]. E-Repository Perpustakaan IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5568/

Indriyani, M., & Sofia, A. (2018). Persepsi orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood Issues, 1(1).

Mardalena, K., Yuhasriati, & Amalia, D. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dengan Kegiatan Bermain Balok di PAUD Nurul Hidayah Lampuuk Aceh. 5(1), 36–45.

Maria Dimova, Cookson, and Peter M.R. Stirk. 2019. “??No Title No Title No Title.” 1(5): 9–25.

Mimin, Elka, Universitas Kristen, and Satya Wacana. 2022. “Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 6(2): 558?68. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/6462.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology ?Humanlight,? 2(1). https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554.

Siregar, Irma Suryani. 2022. ?Dampak Penggunaaan Gadget Pada Anak Usia Dini.? JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) 2(1): 140?53.

Subarkah, Milana Abdillah. 2019. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak.” Rausyan Fikr?: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 15(1): 125–39.

Sunita & Mayasari. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510–514. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Syifa, Hanggara, 2010. Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. Malang : Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya.

Wulandari & Hermiati. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382?392. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.843.

Yana, Mida. 2021. “Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini ( Studi Kasus Di Tk Elekrina Kertapati Palembang).” PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1): 78–93.

Yudrik Yahya, 2000, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kharisma Putra Utama

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Batubara, M. ., Nasution, M. I. M. ., Syahrin, T. A. ., Lubis, M. Y. ., Nujaima, I. ., & Husna, A. U. . (2023). PENGARUH GADGET TERHADAP ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8106–8112. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18945