MEMBANGUN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DENGAN PENGEMBANGAN APE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17215Keywords:
Pendidikan pada masa usia dini menjadi fase dasar yang sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran pada anak usia dini, seorang guru lebih mengarahkan pada kebutuhan naluri bermain anak dan tentunya juga dapat menjadi sumber belajar yang sangat diperlukan untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Dalam menunjang hal tersebut maka kegiatan pengabdian program studi pendidikan anak usia dini STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah dilakukan. Hasil kegiatan pengabdian yakni dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan di TK Al-Hidayah terlihat para siswa sangat aktif dan memiliki semangat yang baik untuk mengikuti acara sampai dengan selesai. Hasil kreativitas dari para siswa dengan media plastisin juga terlihat sangat beragam seperti berbentuk binatang, berbentuk bunga, berbentuk huruf dan angka. Pengenalan alat peraga berupa plastisin menjadi salah satu media pembelajaran sederhana dan mudah diajarkan serta hanya menggunakan sedikit keterampilan.Abstract
Pendidikan pada masa usia dini menjadi fase dasar yang sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran pada anak usia dini, seorang guru lebih mengarahkan pada kebutuhan naluri bermain anak dan tentunya juga dapat menjadi sumber belajar yang sangat diperlukan untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Dalam menunjang hal tersebut maka kegiatan pengabdian program studi pendidikan anak usia dini STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah dilakukan. Hasil kegiatan pengabdian yakni dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan di TK Al-Hidayah terlihat para siswa sangat aktif dan memiliki semangat yang baik untuk mengikuti acara sampai dengan selesai. Hasil kreativitas dari para siswa dengan media plastisin juga terlihat sangat beragam seperti berbentuk binatang, berbentuk bunga, berbentuk huruf dan angka. Pengenalan alat peraga berupa plastisin menjadi salah satu media pembelajaran sederhana dan mudah diajarkan serta hanya menggunakan sedikit keterampilan.References
Fadlillah, M. (2016, May). Penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini melalui permainan-permainan edukatif. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Unmuh Ponorogo.
Hijriati. (2017). Peranan dan Manfaat APE untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 3 No 3 Juli. 59-69.
Jamaris Martini. (2003). Perkembangan dan Pengembangan anak usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini PPs Universitas Negeri Jakarta.
Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 103-113.
Masitoh. (2006). Strategi Pembelajaran di TK. Cetakan Kelima, Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyani Rini. (2006). Permainan Edukatif Dalam Perkembanga Logic-Smart Anak. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rahayu, N. W. S. (2023). Wiracarita: Efforts To Instill Hindu Values In Early Childhood. JARITA: Journal of Children’s Education and Learning Research, 1(1), 22-29.
Rahmawati, A. (2014). Metode bermain peran dan alat permainan edukatif untuk meningkatkan empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
Tedjasaputra, Meyke. (2001). Bermain, Mainan dan Alat Permainan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis pengembangan literasi sains anak usia dini melalui alat permainan edukatif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654-664.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Wayan Sri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.