KONSELING TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

Authors

  • Nurbaity Nurbaity STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Dona Tri Sundari STIKES Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2604

Keywords:

Konseling, Pertumbuhan, Perkembangan

Abstract

Masa usia prasekolah merupakan masa emas, dimana perkembangan seorang anak akan banyak mengalami perubahan yang sangat berarti.(Sugeng,Tarigan,&Sari, 2019). Pada masa usia prasekolah anak akan banyak mengalami masa peka, yang diartikan sebagai suatu masa dimana suatu fungsi berkembang demikian baiknya dan karena harus dilayani serta diberi kesempatan sebaik-baiknya. Agar masa usia prasekolah dapat optimal maka stimulasi pendidikan diperlukan guna memberikan rangsangan terhadap seluruh aspek perkembangan anak (Hidayat,2018). Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan konseling tentang pertumbuhan dan perkembangan anak. Penyampaian konseling menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh sasaran objek konseling sehingga dapat mempermudah sasaran objek konseling untuk mendapatkan informasi mengenai tumbuh kembang anak. Media yang digunakan dalam konseling seperti lembar penilaian KPSP, timbangan berat badan, pengukur tinggi badan, dan PPT sedangkan metode yang digunakan adalah metode diskusi dan metode tanya jawab (Syahailatua & Kartini, 2020). Kesimpulan dalam kegiatan ini yaitu sasaran objek konseling mampu mendeteksi dini tumbuh kembang anaknya. Berdasarkan hasil dari kegiatan diatas diharapkan seluruh orangtua mampu mengembangkan pengetahuan tentang pentingnya`memeriksakan pertumbuhan dan perkembangan anak sedini mungkin sehingga tidak terdapat penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan  anak.

Author Biographies

Nurbaity Nurbaity, STIKES Mitra Adiguna Palembang

Program Studi D III Kebidanan, STIKES Mitra Adiguna Palembang

Dona Tri Sundari, STIKES Mitra Adiguna Palembang

Program Studi D III Kebidanan, STIKES Mitra Adiguna Palembang

References

Hidayat, A. A. (2018). Pengantar Keperawatan Anak II. Jakarta : Salemba Medika.

Lindawati. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan motorik anak usia pra sekolah. Jurnal Poltekkes Kemenkes Jakarta 1. Jakarta: Jurnal Poltekkes Kemenkes Jakarta 1.

Sugeng, H. M., Tarigan, R., & Sari, N. M. (2019). Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor. Jurnal Sistem Kesehatan, 4(3).

Syahailatua, J., & Kartini, K. (2020). Pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang berhubungan dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 3(2), 77-83.

Downloads

Published

2021-11-14