IMPLEMENTASI PENGGUNAAN KARTU TUMBUH KEMBANG PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA DINI
Keywords:
ABK Usia Dini, Kartu Tumbuh Kembang, Periode KeemasanAbstract
Periode keemasan merupakan masa penting bagi tumbuh kembang anak, sehingga pada masa ini pemantauan diperlukan untuk mendeteksi adanya keterlambatan. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) usia dini berpotensi mengalami hambatan dalam perkembangannya. Oleh karena itu, identifikasi sedini mungkin pada ABK di usia keemasannya juga perlu dilakukan agar dapat dilakukan intervensi sesegera mungkin. Aspek keterlambatan dapat diidentifikasi dengan menggunakan media kartu tumbuh kembang. Kartu ini dapat digunakan untuk mengkaji gangguan pada aspek perkembangan, sehingga dapat diberikan stimulasi yang tepat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan skrining tumbuh kembang anak menggunakan kartu tumbuh kembang pada ABK usia dini, sehingga dapat diketahui sektor keterlambatan anak. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di PAUD Uswatun Hasanah Kota Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan praktik penggunaan kartu tumbuh kembang langsung kepada ABK usia dini. Total peserta sebanyak 25 anak (7 ABK dan 18 anak kelas reguler). Evaluasi kegiatan adalah penilaian gambaran perkembangan anak menggunakan kartu tumbuh kembang sebelum dan sesudah diberikan stimulasi dengan menggunakan alat permainan edukatif. Ada peningkatan kemampuan perkembangan anak dari 25,6% menjadi 41,5% dengan kategori Mulai Berkembang (kelompok ABK), dan 47,5% menjadi 50,3% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (kelompok kelas reguler). Kegiatan ini memberikan efek baik terhadap peningkatan kemampuan perkembangan anak. Oleh sebab itu, pemantauan tumbuh kembang ABK usia dini penting dilakukan sejak dini untuk mengetahui tahapan perkembangan milestone anak.References
Assa’adah, S., Ermawati, G. N., Fadhila, M., Putranto, M. Z. N., & Faridah, S. (2022). Pembuatan Dan Penerapan Mainan Edukasi (Puzzle) Untuk Stimulasi Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus Di RSUD Ulin Banjarmasin. PUSAKO: Jurnal Pengabdian Psikologi, 1(2), 46–54.
Astuti, E. Y., Sari, D. Y., & Saloko, A. (2019). Implementasi metode deteksi dini tumbuh kembang dalam identifikasi anak berkebutuhan khusus usia dini. Inclusive: Journal of Special Education, 5(2).
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik anak Usia Dini, jurnal Golden Age. No1.
Hati, F. S., & Lestari, P. (2016). Pengaruh pemberian stimulasi pada perkembangan anak usia 12-36 bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. JNKI (Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia)(Indonesian Journal of Nursing and Midwifery), 4(1), 44–48.
Irvan, M. (2020). Urgensi identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus usia dini. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 108–112.
Merita, M. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 1(2), 83–89.
Murniasih, E., Rahmadani, D., & Albaniah, R. N. (2023). Upaya Meningkatkan Kesehatan Dan Tumbuh Kembang Pada Anak Usia Dini. Initium Community Journal, 3(1), 56–61.
Ningsih, N. N. F., Mufidah, A., Wilujeng, A. P., Pratiwi, E. A., Sudiarti, N. P. E., Kep, M., … Njakatara, U. N. (2022). Keperawatan Anak. Media Sains Indonesia.
Oktaviani, E., Feri, J., Susmini, S., & Soewito, B. (2021). Deteksi Dini Tumbuh Kembang dan Edukasi pada Ibu tentang Status Gizi Anak pada Periode Golden Age. Journal of Community Engagement in Health, 4(2), 319–324.
Oktaviani, E., & Setiyono, I. E. (2022). PESBOOK: Permainan Edukatif Smart Book sebagai Media Stimulasi Motorik Halus Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 335–342.
Putra, A. Y., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh pemberian stimulasi oleh orang tua terhadap perkembangan bahasa pada anak usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1).
Suryaningrum, C., Ingarianti, T. M., & Anwar, Z. A. (2016). Pengembangan model deteksi dini anak berkebutuhan khusus (ABK) pada tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) di kota Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(1), 62–74.
Widiastuti, S., Suwitri, S., & Warella, Y. (2017). Evaluation of the Implementation of the Educational Inclusion of Junior High School Level in Central Java Constructs. Journal of Social Science Studies, 4(2), 1–19.
Zhang, J., Guo, S., Li, Y., Wei, Q., Zhang, C., Wang, X., … Scherpbier, R. W. (2018). Factors influencing developmental delay among young children in poor rural China: a latent variable approach. BMJ Open, 8(8), e021628.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eva Oktaviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.