PKM STIMULASI TUMBUH KEMBANG MENTAL ANAK USIA DINI UNTUK MENCAPAI TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMAL DI PAUD/TK ZAID BIN TSABIT BANGKINANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.517Keywords:
Stimulasi, Tumbuh Kembang, Terapi Kelompok Terapeutik, Anak Usia DiniAbstract
Perkembangan anak dipengaruhi berbagai faktor yang satu sama lain saling mempengaruhi, antara lain: stimulasi yang diterima anak sejak bayi, kematangan anak pada saat menerima stimulasi, sifat-sifat bawaan dari anak, sikap orang tua terhadap anak atau bayi dan interaksi antara orang tua terhadap anak. PAUD/TK Zaid Bin Tsabit merupakan salah satu tempat pendidikan anak usia dini yang berada di Kecamatan Bangkinang. Berbagai macam metode pendidikan telah diterapkan di PAUD/TK Zaid Bin Tsabit, akan tetapi stimulasi perkembangan mental akan secara khusus belum pernah dilakukan. Anak usia dini di PAUD/TK Zaid Bin Tsabit sangat memerlukan stimulasi perkembangan mental untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Oleh sebab itu kegiatan stimulasi tumbuh kembang mental anak melalui terapi kelompok terapeutik dipandang perlu dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan mental anak di PAUD/TK Zaid Bin Tsabit. Pelaksaaan stimulasi tumbuh kembang mental anak melalui terapi kelompok terapeutik dilakukan dalam 7 sesi. Dari hasil evaluasi kegiatan didapatkan bahwa sebagian besar guru mampu melakukan stimulasi tumbuh kembang mental anak usia dini melalui kegiatan terapi kelompok terapeutik. Keluarga dan guru hendaknnya melakukan stimulasi secara terus menerus dan berkesinambungan untuk mencapai perkembangan usia dini yang optimal.References
Clunn, (1991). Child psychiatric nursing. Philadelphia : Mosby Years Book Inc
Depkes RI. (2007) Stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak di tingkat pelayanan kesehatan dasar. Jakarta
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2010). Pedoman teknis penyelenggaraan kelompok bermain. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini
Hamid, A.Y.S. (2009) Bunga rampai asuhan keperawatan kesehatan jiwa. Jakarta : EGC
Potter, P.A. & Perry,A.G. (2005). Fundamental of nursing : concept, process, and practice. Philadelphia : Mosby Years Book Inc.
Reknoningsih, Rahayu. (2014). Efektifitas terapi kelompok terapeutik pra sekolah terhadap perkembangan inisiatif anak usia dini dengan pendekatan model konseptual Hildegard Peplau. Depok: Karya Ilmiah Akhir
Santrock, J.W (2007). Child development (perkembangan anak). Jakarta : Erlangga
Johnson, B.S. (1995). Child, adolescent, and family psychiatric nursing. Philadelphia : J.B. Lippincott Company