REVITALISASI PERMAINAN TRADISIONAL RIAU SEBAGAI LITERASI BUDAYA BAGI ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • M. Fransazeli Makorohim Universitas Islam Riau
  • Asnawi Asnawi Universitas Islam Riau
  • Ahmad Yani Universitas Islam Riau
  • Dopio Fadzil Ikhsan Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18807

Keywords:

Permainan Tradisional, Literasi Budaya, Sekolah Dasar

Abstract

Permainan tradisional menjadi salah satu muatan budaya yang perlu untuk dipertahankan agar tidak hilang. Terlebih fenomena permainan anak yang mulai beralih ke dunia digital dan atau permainan latto-latto yang sedang viral. Tentu saja, menjadi tantangan agar permainan tradisional yang mengedepankan nilai-nilai tanggung jawab, kerja tim, kejujuran, bahkan melibatkan alam sebagai ciri khasnya tetap hadir di setiap generasi. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra dari kesepakatan tim pengabdian Kepada Masyarakat solusi yang ditawarkan adalah (1) Mengingatkan kembali permainan tradisional dilingkungan masyarakat setempat, (2) Meningkatkan pemahaman peran permainan tradisional pada saat ini. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut, para peserta mendapatkan dan meningkatnya pengetahuan tentang peran permainan tradisional serta mendapatkan cara-cara yang dapat dilakukan guna mempertahankan eksistensi permainan tradisional di daerah tersebut.

References

Fauziah, R., Khalsum, U., & ... (2022). Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Proseding Didaktis …, 871–879. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2429%0Ahttp://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/download/2429/2247

Jayendra, P. S. (2019). Permainan Tradisional Bali Juru Pencar Sebagai Media Pembelajaran Dan Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 65. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.906

Lubis, A. E., Fahmi, M., Mawardinur, M., Azandi, F., & Nugroho, A. (2021). Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Siswa SD Di SDn 104202 Bandar Setia. Jubaedah?: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2), 165–171. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.32

Makorohim, M. F., Yulianti, M., & Alficandra, A. (2022). Terompah panjang as traditional games in the perspective of teenagers Riau. Jurnal SPORTIF?: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 8(1), 44–58. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v8i1.17657

Mantri, Y. (2019). Upaya Pelestarian Permainan Tradisional Sunda Kaulinan Barudak Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Daerah. Jurnal TEXTURA, 6(2), 69–83.

Mariani, N. N. (2017). Internalisasi Permainan Tradisional pada Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya untuk Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(April), 1.

Naafi’, M., & Irawan, R. J. (2022). Studi Literatur: Efektivitas Modifikasi Dalam Permainan Tradisional Pda Eksistensi Permainan Anak Era Generasi Z. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(01), 129–136.

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Makorohim, M. F. ., Asnawi, A., Yani, A. ., & Ikhsan, D. F. . (2023). REVITALISASI PERMAINAN TRADISIONAL RIAU SEBAGAI LITERASI BUDAYA BAGI ANAK SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7298–7302. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18807