KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 DI DESA KARANGLIGAR

opsional

Authors

  • Fitri Yuneza Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen
  • Dewi Satria Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tuti Kartini Nababan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Beslina Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15072

Keywords:

Kontribusi sosial, Trauma Healing, PMM batch 2

Abstract

PMM batch 2 adalah salah satu program pertukaran yang diselenggarakan untuk mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar serta dapat memperkuat persatuan dalam keberagaman. Artikel ini adalah hasil laporan kegiatan Modul Nusantara yaitu kontribusi sosial yang dilakukan di desa Karangligar, Jawa Barat. Tujuan dari kontribusi sosial ini adalah untuk membantu masyarakat yang terkena bencana banjir terkhususnya masyarakat desa Karangligar serta mampu menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa pertukaran merdeka belajar. Hal ini sejalan dengan adanya masalah yang dialami oleh warga yaitu trauma healing pada Manula dan anak-anak akibat bencana tersebut. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu: Acara pembukaan kontribusi sosial, siraman rohani & sharing session, belajar bersama anak-anak, serta memberikan bantuan sosial yang berupa sembako. Hasil dari kegiatan pelaksanaan kontribusi sosial ini yaitu: Berkurangnya rasa trauma pada orangtua yang sudah lanjut usia melalui acara siraman rohani dan sharing sessiaon dari ustad, berkurangnya trauma pada anak-anak melalui kegiatan belajar yang dilakukan mahasiswa, tumbuhnya jiwa sosial mahasiswa pertukaran merdeka belajar, antusiasme masyarakat atas bantuan yang telah diberikan. Dengan adanya kegiatan kontribusi ini diharapkan dapat memberikan penguatan dan semangat kepada masyarakat yang terkena bencana banjir.

References

Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 2022. https://doi.org/10.47668/pkwu.v1i2.471.

Dharma, E., Betty Sihombing STIE Sultan Agung, H., & Sultan Agung, S. (N.D.). Merdeka Belajar: Kajian Literatur.

Insani, N. N., Fitriasari, S., & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 245–251. Https://Doi.Org/10.30743/Mkd.V5i2.4353.

Jenderal, D., Tinggi, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Kemendikbud, R. I. (2021). Panduan Operasional Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud.Go.Id. (2022). Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdekaangkatan 2 Resmi Dibuka. Kemendikbud.Go.Id. Retrieved From https://www.kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2022/05/Pendaftaran?Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka-Angkatan-2-Resmi-Dibuka#:~:Text=PMM 1 Yang Diselenggarakan Pada, Perguruan Tinggi Penerima Atau Pengirim

Nurlaili, H. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Dan Karakter Pelajar Anak Bangsa Pada Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidik, 1-8.

Olivia Aldo, L. (2021). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Vol. 2, Issue 1).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3237.

Tim Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (2021). Panduan Penyusunan Modul Nusantara. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Gaol, F. Y. L. ., Saragih, D. S. ., Nababan, T. K. ., & Siagian, B. . (2023). KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 DI DESA KARANGLIGAR: opsional. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3741–3745. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15072