SOSIALISASI PENGUATAN KETERAMPILAN EMOSIONAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SDN 3 SAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48006Keywords:
Pramuka, Pengendalian emosionalAbstract
Penguatan keterampilan emosional siswa merupakan aspek penting dalam pendidikan dasar, karena kecerdasan emosional berperan besar dalam membentuk karakter, kepemimpinan, dan kemampuan sosial siswa. Namun, masih banyak ditemukan permasalahan seperti kurangnya kontrol emosi, rendahnya disiplin, dan kurangnya kemampuan berkomunikasi serta mengambil keputusan di kalangan siswa sekolah dasar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler, khususnya Pramuka. Di SD Negeri 3 Sawang, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka menjadi peluang strategis untuk memperkuat keterampilan emosional siswa. Melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan edukatif, siswa tidak hanya belajar tentang kedisiplinan dan tanggung jawab, tetapi juga mengembangkan kemampuan mengelola emosi, membangun kepercayaan diri, serta meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat berupa Sosialisasi Penguatan Keterampilan Emosional Siswa melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 3 Sawang menunjukkan dampak yang signifikan terhadap perkembangan emosional, sosial, dan karakter siswa. Salah satu hasil utama yang terlihat adalah peningkatan kemampuan siswa dalam mengelola emosi mereka. Selama kegiatan, siswa diberikan berbagai pengalaman yang memungkinkan mereka untuk mengenali dan merespons emosi secara positif. Mereka menjadi lebih mampu untuk menenangkan diri saat menghadapi rasa takut, marah, atau cemas, serta mengelola perasaan tersebut dalam situasi yang menantang, baik dalam konteks pribadi maupun dalam interaksi sosial dengan teman-temannya.References
Syawal, I. (2019). The Role of Scout Extracurricular in Effort To Student’s Social – Emotional Character Development (SECD) Competence. International Journal Pedagogy of Social Studies. https://doi.org/10.17509/ijposs.v4i1.21497
Dewi, K., & Fachradilla, W. (2024). Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Sikap Kepemimpinan Melalui Kecerdasan Emosional Peserta Didik. Community Service Progress. https://doi.org/10.70021/csp.v3i2.200
Dullah, B., & Rusdi, W. (2021). Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Dan Pengaruhnya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL). https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.155
Ridwan, R. (2019). KONTRIBUSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK PENGUATAN MENTAL DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK. QATHRUNÂ. https://doi.org/10.32678/qathruna.v6i1.3945
Pramuka, E., Membentuk, U., Siswa, K., Dasar, S., & Antika, W. (2024). Ekstrakurikuler Pramuka Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.3080
Kd, T., & Mahfuzah, A. (2023). Pembentukan Karakter Siswa SD Negeri 2 Lengkong melelui Ekstrakurikuler Pramuka. JURNAL ILMIAH EDUKATIF. https://doi.org/10.37567/jie.v9i1.2182
Fazira, E., & Wahyuni, A. (2023). Implementation of Independent Character Strengthening Through Scout Extracurricular Activities Class VI at SDN Gelam 2 Candi. Indonesian Journal of Education Methods Development. https://doi.org/10.21070/ijemd.v21i3.763
Hanif, I., & Yunitasari, D. (2024). Forming the mental and disciplinary character of students through extracurricular scouting activities at school. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v8i1.9379
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asvia Syura, Eka Fitriani, Nadya Citra Lestari, Rambang Muharramsyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










