KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 DI DESA KARANGLIGAR
opsional
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15072Keywords:
Kontribusi sosial, Trauma Healing, PMM batch 2Abstract
PMM batch 2 adalah salah satu program pertukaran yang diselenggarakan untuk mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar serta dapat memperkuat persatuan dalam keberagaman. Artikel ini adalah hasil laporan kegiatan Modul Nusantara yaitu kontribusi sosial yang dilakukan di desa Karangligar, Jawa Barat. Tujuan dari kontribusi sosial ini adalah untuk membantu masyarakat yang terkena bencana banjir terkhususnya masyarakat desa Karangligar serta mampu menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa pertukaran merdeka belajar. Hal ini sejalan dengan adanya masalah yang dialami oleh warga yaitu trauma healing pada Manula dan anak-anak akibat bencana tersebut. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu: Acara pembukaan kontribusi sosial, siraman rohani & sharing session, belajar bersama anak-anak, serta memberikan bantuan sosial yang berupa sembako. Hasil dari kegiatan pelaksanaan kontribusi sosial ini yaitu: Berkurangnya rasa trauma pada orangtua yang sudah lanjut usia melalui acara siraman rohani dan sharing sessiaon dari ustad, berkurangnya trauma pada anak-anak melalui kegiatan belajar yang dilakukan mahasiswa, tumbuhnya jiwa sosial mahasiswa pertukaran merdeka belajar, antusiasme masyarakat atas bantuan yang telah diberikan. Dengan adanya kegiatan kontribusi ini diharapkan dapat memberikan penguatan dan semangat kepada masyarakat yang terkena bencana banjir.References
Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 2022. https://doi.org/10.47668/pkwu.v1i2.471.
Dharma, E., Betty Sihombing STIE Sultan Agung, H., & Sultan Agung, S. (N.D.). Merdeka Belajar: Kajian Literatur.
Insani, N. N., Fitriasari, S., & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 245–251. Https://Doi.Org/10.30743/Mkd.V5i2.4353.
Jenderal, D., Tinggi, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Kemendikbud, R. I. (2021). Panduan Operasional Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbud.Go.Id. (2022). Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdekaangkatan 2 Resmi Dibuka. Kemendikbud.Go.Id. Retrieved From https://www.kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2022/05/Pendaftaran?Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka-Angkatan-2-Resmi-Dibuka#:~:Text=PMM 1 Yang Diselenggarakan Pada, Perguruan Tinggi Penerima Atau Pengirim
Nurlaili, H. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Dan Karakter Pelajar Anak Bangsa Pada Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidik, 1-8.
Olivia Aldo, L. (2021). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Vol. 2, Issue 1).
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3237.
Tim Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (2021). Panduan Penyusunan Modul Nusantara. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitri Yuneza Lumban Gaol, Dewi Satria Saragih, Tuti Kartini Nababan, Beslina Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.