PEMBERIAN MODEL KONSELING UNTUK MENGATASI MASALAH SOSIAL SISWA SMK YPIP TALANG UBI PAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48830Keywords:
SMK YPIP Talang Ubi Pali, Konseling, Expressive WritingAbstract
SMK YPIP Talang Ubi Pali memiliki peran strategis dalam mempersiapkan peserta didik agar mampu bersaing di dunia kerja dengan keterampilan yang aplikatif dan karakter yang tangguh Metode yang digunakan dalam pengabdian Masyarakat ini yaitu konseling untuk untuk mengidentifikasi dan mengatasai masalah sosial yang dialami siswa. Hasil pengabdian Masyarakat didapatkan hasil bahwa program magang berkontribusi positif dalam mengatasi masalah sosial siswa melalui penerapan model konseling. Siswa menghadapi berbagai persoalan seperti konflik interpersonal, perilaku menyimpang, dan pengaruh lingkungan negatif. Melalui pendekatan konseling individu, kelompok, psikoedukasi, dan expressive writing, terjadi perubahan positif pada siswa, termasuk peningkatan keterbukaan, pengelolaan emosi, dan interaksi sosial. Konseling yang fleksibel dan berbasis humanistik-kognitif terbukti efektif, didukung oleh kolaborasi guru dan pihak sekolah yang berkelanjutanReferences
Cone, J. D. (1999). Observational assessment: Measure development and research issues. Dalam P. C. Kendall, J. N. Butcher, & G. N. Holmbeck (Eds.), Handbook of research methods in clinical psychology (hlm. 183-223). New York: Wiley.
American Counseling Association. (2020). Definition of Counseling. Diakses dari https://www.counseling.org
Arif Ainur Rofiq & Ariza Qurrata A’yun. (2025). Hipno Konseling: Integrasi Teknik Hipnosis dalam Proses Konseling. Yogyakarta: Psikologi Nusantara.
Beauliue, A. L., & Sulkowski, M. L. (2015). Cognitive-behavioral counseling: Strategies for application. New York: Springer Publishing.
Casmini, Prof. Dr. Hj. S.Ag., M.Si. (2023). Konseling Islami: Integrasi Nilai Keislaman dalam Proses Konseling. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press.
Corey, G. (2020). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed.).Boston: Cengage Learning.
Giddens, A. (2020). Sociology (8th ed.). Cambridge: Polity Press.
Gilihan, S. (2018). Cognitive Behavioral Therapy Made Simple. Oakland: New Harbinger Publications
Jumadi M. Salam Tuasikal. (2020). Keterampilan Dasar Konseling dalam Praktik.Makassar: Pustaka Mandiri.
Mayasari, Shinta. (2020). Prinsip-Prinsip Konseling Humanistik Carl Rogers.Bandung: Psikologi Nusantara.
McLeod, J. (2020). Introduction to Counselling. London: Open University Press.
Pietrofesa, J. J. (2020). Counseling and Guidance: Theory and Practice. New Jersey: Prentice-Hall.
Prayitno & Amti, Erman. (2020). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Ratts, M. J. (2020). Multicultural and Social Justice Counseling Competencies: Practical Applications in Counseling. Alexandria, VA: ACA.
Rofiq, A., & A’yun, Q. (2025). Hipno Konseling: Integrasi Teknik Hipnosis dalam Praktik Konseling Modern. Surabaya: Lintang Media.
Slamet, C. S., & Lindezey, C. (2011). Psikodinamika dan Kepribadian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Soetomo. (2020). Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Standing, G. (2021). The Precariat: The New Dangerous Class. London: Bloomsbury Academic.
Yusuf, S. (2021). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rina Oktaviana, Nadia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










