PENINGKATAN PERAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UKM MIKRO RAJA SEBLAK MUMUNGGANG

Authors

  • Santi Rimadias STIE Indonesia Banking School
  • Rudi Samuel STIE Indonesia Banking School
  • Zaid Muhammad Zaidan STIE Indonesia Banking School
  • Vito Lifa STIE Indonesia Banking School
  • Ririn Riani STIE Ekuitas
  • Diva Sri Dhamayanti STIE Ekuitas

Keywords:

UMKM, Pemasaran Media Sosial, Instagram, Tiktok

Abstract

Menggunakan media sosial untuk pemasaran digital adalah pendekatan ekonomis yang dapat meningkatkan keunggulan bisnis pada UMKM. Dengan pendekatan media sosial yang efektif, UMKM memiliki potensi untuk mencapai eksposur yang signifikan untuk meningkatkan penjualan produk. Tim pengabdian masyarakat melakukan pendampingan pembuatan dan monitoring media sosial untuk pemasaran pada UMKM Raja Seblak Mumunggang, yaitu pada Instagram dan Tiktok sehingga dapat memikat calon konsumen untuk dapat membeli. Hasil pengabdian masyarakat dinilai memberikan manfaat dalam meningkatkan peran pemasaran media sosial untuk UMKM Raja Seblak Mumunggang.

References

Eze, S. C., Chinedu-Eze, V. C., & Bello, A. O. (2021). Some antecedent factors that shape SMEs adoption of social media marketing applications: a hybrid approach. Journal of Science and Technology Policy Management, 12(1), 41–61. https://doi.org/10.1108/JSTPM-06-2019-0063

Herlina, V., Yacob, S., Johannes, J., & Octavia, A. (2022). Role of social media marketing in improving marketing performance for smes during the covid-19 pandemic: a literature review. Put It Right Journal, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.22437/pirj.v1i1.17183

Jasin, M. (2022). The Role of Social Media Marketing and Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention of SMEs Product. Journal of Information Systems and Management …, 01(04), 54–62. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/258%0Ahttps://jisma.org/index.php/jisma/article/download/258/54

Khedher, M., Journal, I., Researches, M., Scientific, R., Tripathi, V. K., & Baym, N. K. (2015). International Journal of Information ,. International Journal of Information, Business and Management, 6(3), 189–190. http://ijibm.site666.com/IJIBM_Vol7No4_Nov2015.pdf#page=206

Rimadias, S. (2023). Faktor penentu kelangsungan hidup UMKM di Indonesia pasca pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 6(1), 15–28. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.36407/jmsab.v6i1.579

Downloads

Published

2023-03-26

How to Cite

Rimadias, S. ., Samuel, R. ., Zaidan, Z. M. ., Lifa, V. ., Riani, R. ., & Dhamayanti, D. S. . (2023). PENINGKATAN PERAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UKM MIKRO RAJA SEBLAK MUMUNGGANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1418–1424. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13268