UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN UMKM KERIPIK DI KELURAHAN PEKAN KUALA MELALUI PENGEMBANGAN PACKAGING DAN DIGITAL MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34838Keywords:
UMKM; Marketplace; Pengembangan; Packaging; MarketingAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dikenal dengan nama “Keripik Kak Ijah” dan berlokasi di Kelurahan Pekan Kuala, Kabupaten Langkat, menawarkan berbagai macam keripik, termasuk keripik bawang, keripik singkong, opak dengan rasa pedas dan manis, keripik singkong balado, untir-untir, kacang intip, dan keripik pedas. UMKM ini adalah salah satu yang terbesar di kelurahan tersebut. Mereka memproduksi keripik dalam jumlah 10-15 kg per batch dan memerlukan waktu sekitar 3 hari untuk setiap batch. Produk ini dijual di sekitar Pekan Kuala serta dikirim ke kota-kota lain, mengingat desa yang cukup terpencil, yaitu sekitar 23 km dari pusat kota. Untuk meningkatkan jangkauan produk, penting untuk menerapkan strategi digital marketing melalui platform media sosial dan marketplace online. Saat ini, kemasan keripik hanya berupa plastik polos tanpa identifikasi merek. Oleh karena itu, pengembangan kemasan dan penggunaan digital marketing menjadi kunci untuk meningkatkan penjualan.References
Andriawan, A. H., Seputro, H., Jatmiko, D., Rosando, A. F., & Sulistyowati, D. H. (2022). OPTIMALISASI PJU LED SOLAR CELL UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS EKONOMI KREATIF DI DESA MINGGIRSARI, KECAMATAN KANIGORO, KABUPATEN BLITAR. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 23-29.
Supardi, S., & Sulistyorini, E. (2020). PEMBUATAN KOMPOS ANAEROB DENGAN MENGGUNAKAN KOMPOSTER SEDERHANA YANG DITERAPKAN DI DUSUN SIDOMULYO. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 148-154.Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi1 (1). Hal 147–157.
Purwana ES, Dedi, Rahmi,Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM).Jurnal Pemberdayaan MasyarakatMadani (JPMM)1(1). 1–17.
Setiawan, W,. Sama, H. 2020. Penerapan Digital Marketing Menggunakan Instagram Pada Toko Indoraya Furniture. Conference on Bussiness, Sosial Sciences and Innovation Technology. 1(1). 401 – 408.
Anggraeni, F.D; Hardjanto,I; Hayat, A. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik. 1(6), 1286 – 1295.
Lestari, R. Rahayuningsih, T., 2019. Program Kemitraan Masyarakat Usaha Keripik Pisang Mengandung Antioksidan di Kecamatan Bukit Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisplin. 3(1). 1 – 7.
Gumilang, R.R., 2017. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen. 10 (1), 9- 14.
Saifulloh, M. 2021. Branding Product Pelaku Usaha Mikro Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas. 1(1), 28 – 33.
Nurakhmawati, R., Purnamawati,A., Fahmi, I. Pengaruh Kualitas Pelayanan E- Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian.
Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen. 13 (2). 191 – 204
Nekky Rahmiyati, Titiek Rachmawati, Peningkatan Daya Saing Berbasis Teknologi ekanis Dan Digitalisasi Marketing Pada Usaha Kerupuk Tengiri Di Kota Mojokerto Aabdi Massa: Jurnal Pengabdian Nasional Vol. 02, No.05, Tahun (2022) (Jurnal UNTAG)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.