PELATIHAN LITERASI DIGITAL DALAM PENGELOLAAN PRODUK UMKM DESA KLUMPANG KAMPUNG

Authors

  • Syahrina Anisa Pulungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Maulida Toiyibah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Novi Ayu Ningtias Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25890

Keywords:

Literasi, Digital, Wirausaha

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada UMKM di Desa Klumpang Kampung dalam memasarkan usahanya secara digital yang diikuti peserta sebanyak 18 orang. Metode kegiatan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu Knowledge sharing, Demonstration and practice, and Evaluation and feedback. Tahap knowledge sharing dilakukan memberikan pemahaman kepada UMKM di Desa Klumpang Kampung tentang bagaimana cara UMKM memiliki strategi marketing untuk memasarkan produknya secara lebih luas namun dengan biaya yang relatif murah. Selanjutnya, tahap Demonstration and practice yaitu demonstrasi dengan membuat Google My Business untuk menampilkan usaha di Google Maps, visualisasi produk dengan menggunakan Handphone, dan praktik bagaimana usaha yang dijalankan bisa masuk dalam online marketplace atau e-commerce. Terakhir, tahap Evaluation and feedback dilaksanakan untuk mengetahui ketercapaian kegiatan pelatihan dan motivasi peserta dalam melanjutkan pengembangan diri. Hasil kegiatan disimpulkan bahwa peserta sangat antusias dalam pelatihan dan 87.5% peserta sangat setuju akan meningkatkan keterampilan penggunaan aplikasi digital untuk perkembangan usahanya. Selanjutnya peserta menginginkan pelatihan digital marketing yang lebih rinci dengan durasi waktu yang lebih lama.

References

Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.

Light, M. A., & Light, I. H. (2008). The geographic expansion of Mexican immigration in the United States and its implications for local law enforcement. Law Enforcement Executive Forum Journal, 8(1), 73-82.

Amri, S., & Safitri, D. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Media Sosial Pada Pelaku Home Industry Tempe. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 38-46.

Azevedo, A., & Almeida, A. H. (2021). Grasp the Challenge of Digital Transition in SMEs—A Training Course Geared towards Decision-Makers. Education Sciences, MDPI.

Blackburn, R., & Athayde, R. (2000). Making the connection:the effectiveness ofInternet training insmall businesses. Emerald Insight, 289-299.

Darmoko, M., Yunita, A., & Ramadhanti, D. (2022). Pengembangan Kawasan Desa Wisata Selotapak Melalui Digital Branding Guna Meningkatkan Mutu Media Promosi. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 301-313.

Casalino, N., Ciarlo, M., Marco, M. D., & Gatti, M. (2012). ICT Adoption and Organizational Change An Innovative Training System on Industrial Automation Systems for Enhancing Competitiveness of SMEs. Proceedings of the14th International Conference onEnterprise Information Systems (ICEIS 2012) (hal. 283-288). Wroclaw, Poland: Science and Technology Publication.

Fitrani, L. D., Dewi, N. H. U., Hudiwinarsih, G., Riqqoh, A. K., Purnamasari, L., & Soebijanto, A. (2022). Pendampingan Pembuatan dan Implementasi Konten Sosial Media Campaign dalam Meningkatkan Brand Awareness UMKM. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 464-476.

Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley Computer Pub.

Horvath, D., & Szabo, R. Z. (2019). Driving forces and barriers of Industry 4.0: Do multinational and small and medium-sized companies have equal opportunities? Technological Forecasting and Social Change, 119-132

Khaira, U., Suratno, T., Noverina, Y., Abidin, Z., & Hutabarat, B. F. (2022). Pembuatan Konten dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Danau Teluk. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 314-326.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra. INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi, 149-166

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 146- 156.

Suharyati, & Sofyan, P. (2018). Edukasi Fintech Bagi Masyarakat Desa Bojong Sempu Bogor. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia , 1-9.

Wright, B. (2012, June 16). Top 10 Benefits of Digital Literacy. Dipetik November 17, 2022, dari Webpercent.com:

Yasinta, Y., Nadapdap, J. P., & Dedy, D. (2023). Pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkayang dalam Menggunakan Modul ILO SCORE Pada Era Revolusi 4.0. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 339-349

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Pulungan, S. A. ., Toiyibah, M. ., & Ningtias, N. A. . (2024). PELATIHAN LITERASI DIGITAL DALAM PENGELOLAAN PRODUK UMKM DESA KLUMPANG KAMPUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2365–2370. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25890