IMPLEMENTASI KEMAJUAN TEKNOLOGI UNTUK KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF DI KELURAHAN SIDOTOPO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4938Keywords:
UMKM ,Pengabdian Masyarakat , Ekonomi Kreatif ,KewirausahaanAbstract
Kemajuan teknologi akan memudahkan pelaku UMKM untuk menjangkau pelanggan, dengan kemudahan tersebut pelaku UMKM khususnya warga kelurahan Sidotopo, Surabaya dapat lebih mudah memanfaatkan teknologi digital, sehingga dapat menjangkau pelanggan yang lebih banyak serta memperluas pasar. Dalam penelitian ini, berisi tentang pengabdian berupa pendampingan UMKM di kelurahan Sidotopo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan langsung berupa survei dan wawancara. Masalah yang dihadapi oleh warga kelurahan Sidotopo berupa kurangnya pengetahuan tentang teknologi, terbatasnya modal usaha, rasa takut apabila produk dipasarkan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mendorong kreativitas, inovasi dan produktivitas pelaku UMKM kelurahan Sidotopo, dalam penelitian ini memberikan motivasi dan pendampingan kepada para pelaku UMKM di kelurahan Sidotopo dengan berbagai sosialisasi seperti sosialisasi manajemen keuangan, sosialisasi dan pembuatan nomor induk berusaha, dan sosialisasi digital marketing, serta praktik pemasaran secara langsung di media sosial seperti Instagram dan marketplace yaitu Shopeefood. Dengan berbagai pelatihan dan praktik yang diberikan langsung kepada pelaku UMKM kelurahan Sidotopo diharapkan dapat memberikan timbal balik yang positif bagi pelaku UMKM di Sidotopo.References
DesySetyowatiEditor:DesySetyowati.[online] katadata.co.id.Availableat:<https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6256b1aee6ab1/riset-kic-amartha-umkm-ri-kurang-maksimalkan-aplikasi-untuk-raup-cuan> [Accessed 3 June 2022].
Indonesia, D., 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. [online] Dataindonesia.id.Availableat: <https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022> [Accessed 12 June 2022].
Tiviti, F., 2022. UMKM dan Upaya Membangun Ketahanan Demi Digitalisasi. [online] CNBC Indonesia.Availableat:<https://www.cnbcindonesia.com/opini/20210809130256-14-267201/umkm-dan-upaya-membangun-ketahanan-demi-digitalisasi> [Accessed 3 June 2022].
Universitas Islam Indonesia. 2021. Mencermati Dampak Digitalisasi Bagi UMKM. [online] Available at: <https://www.uii.ac.id/mencermati-dampak-digitalisasi-bagi-umkm/> [Accessed 3 June 2022].
Setyowati, D., 2022. Riset KIC-Amartha: UMKM RI Kurang Maksimalkan Aplikasi untuk Raup Cuan Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Riset KIC-Amartha: UMKM RI Kurang MaksimalkanAplikasiuntukRaupCuan"https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6256b1aee6ab1/riset-kic-amartha-umkm-ri-kurang-maksimalkan-aplikasi-untuk-raup-cuan
Downloads
Published
Versions
- 2022-06-29 (2)
- 2022-06-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yusuf Al Alim, Bayu Hilmi Rachmaddian, Zevina Tantya Rochmadi , Talenta Aulia Moekti, Moh. Syarif Ibadi, Salsabil Al Mufidah, Rohmatus Shofia, Thoriq Naufal Haq, Iftinandea Wresti Rosyadi, Anisah Nurul Azizah, Dwi Puspa Arum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.