IMPLEMENTASI KEMAJUAN TEKNOLOGI UNTUK KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF DI KELURAHAN SIDOTOPO

Authors

  • Yusuf Al Alim Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Bayu Hilmi Rachmaddian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Zevina Tantya Rochmadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Talenta Aulia Moekti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Moh. Syarif Ibadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Salsabil Al Mufidah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rohmatus Shofia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Thoriq Naufal Haq Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Iftinandea Wresti Rosyadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Anisah Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dwi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4938

Keywords:

UMKM ,Pengabdian Masyarakat , Ekonomi Kreatif ,Kewirausahaan

Abstract

Kemajuan teknologi akan memudahkan pelaku UMKM untuk menjangkau pelanggan, dengan kemudahan tersebut pelaku UMKM khususnya warga kelurahan Sidotopo, Surabaya dapat lebih mudah memanfaatkan teknologi digital, sehingga dapat menjangkau pelanggan yang lebih banyak serta memperluas pasar. Dalam penelitian ini, berisi tentang pengabdian berupa pendampingan UMKM di kelurahan Sidotopo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan langsung berupa survei dan wawancara. Masalah yang dihadapi oleh warga kelurahan Sidotopo berupa kurangnya pengetahuan tentang teknologi, terbatasnya modal usaha, rasa takut apabila produk dipasarkan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mendorong kreativitas, inovasi dan produktivitas pelaku UMKM kelurahan Sidotopo, dalam penelitian ini memberikan motivasi dan pendampingan kepada para pelaku UMKM di kelurahan Sidotopo dengan berbagai sosialisasi seperti sosialisasi manajemen keuangan, sosialisasi dan pembuatan nomor induk berusaha, dan sosialisasi digital marketing, serta praktik pemasaran secara langsung di media sosial seperti Instagram dan marketplace yaitu Shopeefood. Dengan berbagai pelatihan dan praktik yang diberikan langsung kepada pelaku UMKM kelurahan Sidotopo diharapkan dapat memberikan timbal balik yang positif bagi pelaku UMKM di Sidotopo.

References

DesySetyowatiEditor:DesySetyowati.[online] katadata.co.id.Availableat:<https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6256b1aee6ab1/riset-kic-amartha-umkm-ri-kurang-maksimalkan-aplikasi-untuk-raup-cuan> [Accessed 3 June 2022].

Indonesia, D., 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. [online] Dataindonesia.id.Availableat: <https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022> [Accessed 12 June 2022].

Tiviti, F., 2022. UMKM dan Upaya Membangun Ketahanan Demi Digitalisasi. [online] CNBC Indonesia.Availableat:<https://www.cnbcindonesia.com/opini/20210809130256-14-267201/umkm-dan-upaya-membangun-ketahanan-demi-digitalisasi> [Accessed 3 June 2022].

Universitas Islam Indonesia. 2021. Mencermati Dampak Digitalisasi Bagi UMKM. [online] Available at: <https://www.uii.ac.id/mencermati-dampak-digitalisasi-bagi-umkm/> [Accessed 3 June 2022].

Setyowati, D., 2022. Riset KIC-Amartha: UMKM RI Kurang Maksimalkan Aplikasi untuk Raup Cuan Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Riset KIC-Amartha: UMKM RI Kurang MaksimalkanAplikasiuntukRaupCuan"https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6256b1aee6ab1/riset-kic-amartha-umkm-ri-kurang-maksimalkan-aplikasi-untuk-raup-cuan

Downloads

Published

2022-06-29 — Updated on 2022-06-29

Versions

How to Cite

Alim, Y. A. ., Rachmaddian, B. H. ., Rochmadi , Z. T. ., Moekti, T. A., Ibadi, M. S. ., Mufidah, S. A. ., Shofia, R. ., Haq, T. N. ., Rosyadi, I. W. ., Azizah, A. N. ., & Arum, D. P. . (2022). IMPLEMENTASI KEMAJUAN TEKNOLOGI UNTUK KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF DI KELURAHAN SIDOTOPO . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 900–909. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4938