PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK LOKAL UMKM DI DESA GADINGREJO

Authors

  • Basuki Nur Halim Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Arfina Sa’diyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nur Ishaq Fauzi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ucie Soifatul Fauzi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Muhammad Fuadzy Al Khadziq Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Melly Amalia Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Khanifatus Solikhah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ahmad Faqih Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Siti Mutoharotul Awaliyah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Wahyu Irawati Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Hidayatus Sibyan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4044

Keywords:

Digital Marketing, Pemasaran, Produk Lokal, UMKM

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, persaingan di dunia bisnis saat ini semakin mengalami peningkatan. Di zaman yang penuh dengan teknologi ini, eksistensi teknik pemasaran secara digital atau yang biasa disebut dengan Digital Marketing mengalami peningkatan dan mulai menyaingi keberadaan teknik pemasaran tradisional. Digital marketing dinilai lebih efektif karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan memungkinkan siapapun dapat mengakses dan memperoleh informasi serta melakukan proses jual-beli dengan lebih mudah. Kegiatan Sharing Session dan Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan produk lokal melalui jejaring media sosial ini bertujuan untuk melatih para pelaku usaha yang ada di Dusun Dompon dan Dusun Gadingan, Desa Gadingrejo dalam memaksimalkan penggunaan media digital khususnya sosial media sebagai media pemasaran produk. Adapun tahapan dari kegiatan ini adalah tahap persiapan dan tahap pelatihan serta Sharing Session. Hasil dari kegiatan ini adalah para pelaku usaha memperoleh informasi mengenai kegunaan dari berbagai fitur yang ada di aplikasi WhatsApp Business dan Facebook Marketplace, penggunaan bahasa iklan, dan teknik pendistribusian produk.

References

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan pemasaran dan kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42-47.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.

Rizal, M., Aslinda, A., Firman, M. J., & Siraj, M. L. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Downloads

Published

2022-06-02 — Updated on 2022-06-02

Versions

How to Cite

Halim, B. N. ., Sa’diyah, A. ., Fauzi, N. I. ., Fauzi, U. S. ., Al Khadziq, M. F. ., Amalia, M. ., Solikhah, K. ., Faqih, A. ., Awaliyah, S. M. ., Irawati, W. ., & Sibyan, H. . (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK LOKAL UMKM DI DESA GADINGREJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 609–615. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4044