Dinamika Dan Permasalahan Perbankan Syariah Di Indonesia: Harapan Dan Realita

Authors

  • Sri Kurnialis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Heri Sunandar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nurnasrina Nurnasrina Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/money.v1i1.10123

Keywords:

Problematika, Globalisasi, Perbankan syariah, Pemerintah, Bank Konvesnsional

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi perkembangan perbankan syariah di Indonesia. Metode - Dalam membahas dinamika dan permasalahan perbankan syariah di era globalisasi ini penulis menggunakan jenis dan sumber data yang didapat dari riset perpustakaan (Library Research) dengan mengadopsi pemikiran dan pendapat para ahli yang memiliki keterkaitan secara langsung atau tidak langsung dengan topik yang sedang dibahas. Hasil - Perbankan syariah ada untuk menjadi alternatif bagi masyarakat yang menginginkan bertransaksi dengan sistem syariah, ada beberapa faktor yang menjadi keunggulan bank syariah jika dibandingkan dengan bank konvensional yakni: menyertakan nilai-nilai ketuhanan dalam setiap transaksi, adanya keterikatan emosional secara religi antara bank dan nasabah, adanya keadilan dalam bagi hasil simpanan dan pembiayaan. Di sisi lain, perbankan syariah dihadapkan pada problematika yang menghambat perkembangan perbankan syariah. Originalitas - Penelitian ini mengungkapkan dinamika dan permasalahan yang terjadi di dalam perbankan syariah, serta mebahas mengenai harapan perkembangan perbankansyariah pada saat ini. Implikasi - Bank syariah harus mampu bersaing dengan bank konvensional dengan mengkombinasikan kekuatan korelasi antara pemerintah, institusi pendidikan serta inovasi dari pihak bank syariah itu sendiri. Bank syariah juga dituntut untuk lebih adaptif dan inovatif terhadap kebutuhan pangsa pasar.

References

Abdul Ghofur Anshori. (2008). “Sejarah Perkembangan Hukum Perbankan Syariah Di Indonesia Dan Implikasinya Bagi Praktik Perbankan Nasional”, Jurnal Ekonomi Islam La Riba, Vol. 2, No. 2.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 1–6.

Ali Syukron, (2013).‘’Dinamika Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia’’, Economic: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam. Vol. 3 No. 2.

Bank Indonesia. (2014). Statistik Perbankan Indonesia , Vol. 13 No. 1.

Bambang Waluyo. (2007). “Prinsip Ekonomi dalam Perbankan Syariah”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.6, No.2.

Evanirosa., Bagenda, Christina., Hasnawati., Annova, Fauzana., Azizah, Khisna., Nursaeni., Maisarah., Asdiana., Ali, Ramsah., Shobri , Muwafiqus., Adnan, Muhammad. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung: Media Sains Indonesia.

Mulya Siregar. (2002). “Agenda Pengembangan Perbankan Syariah Untuk Mendukung Sistem Ekonomi yang Sehat di Indonesia: Evaluasi, Prospek dan Arah Kebijakan”, Iqtisad: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 3, No. 1.

Neni Sri Imaniyati. (2009). “Perkembangan Regulasi Perbankan Syariah di Indonesia : Peluang dan Tantangan”. Jurnal Ilmu Hukum: Syiar Madani’’. Vol. 11 No. 1.

Veithzal Rivai & Arviyan Arifin. (2010). Islamic Banking: Sebuah Teori, Konsep, dan Aplikasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Zulfadli Nugraha Triyan Putra & Husni Thamrin. (2022). ‘’Problematika Dan Dinamika Perbankan Syariah Di Era Globalisasi’’. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking And Finance. Vol 5 No. 1.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Kurnialis, S., Sunandar, H. ., & Nurnasrina, N. (2022). Dinamika Dan Permasalahan Perbankan Syariah Di Indonesia: Harapan Dan Realita. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.31004/money.v1i1.10123

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)