Manajemen Ekuitas Dan Likuiditas Pada Bank Syariah Di Indonesia

Authors

  • Jufendri Jufendri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nurnasrina Nurnasrina Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Heri Sunandar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/money.v1i1.10588

Keywords:

Manajemen, Ekuitas, Likuiditas, Bank Syariah

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses manajemen ekuitas dan liabilitas pada bank-bank syariah di Indonesia. Metode - Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normative atau studi kepustakaan yang dialkukan dengan cara mengamati secara mendalam terhadap tema yang spesifik untuk menemukan jawaban dari setiap permasalahan yang sedang diteliti. Hasil - Ekuitas adalah hak pemilik atas aset perusahaan setelah semua kewajiban dilunasi. Equitas (Equity) juga sering disebut dengan Aset Bersih (Net Assets) atau Aset yang dikurangi dengan Kewajiban. Ekuitas sebuah perusahan dapat berasal dari penambahan modal dari pemilik (investasi dari pemilik) ataupun laba dari kegiatan usahanya. Kondisi likuiditas bank dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah faktor yang tidak dapat dikendalikan sedangkan faktor internal adalah yang dapat dikendalikan oleh bank. Faktor eksternal kondisi ekonomi dan moneter. Karakteristik deposan, kondisi pasar uang, peraturan. Sedangkan faktor internal sangat tergantung pada pengelolaan setiap instrumen likuiditas bank.   Originalitas – Penelitian ini berusaha mengungkap proses manajemen ekuitas dan liabilitas pada bank-bank syariah di Indonesia. Implikasi – Penelitian mengenai manajemen ekuitas dan liabilitas bermanfat bagi pihak bank syariah dalam mengelola harta dan kewajiban yang dimiliki, terkushus untuk faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan oleh bank seperti kondisi ekonomi dan moneter, karakterisistik deposan, kondisi pasar uang, peraturan.

References

Antonio, & Muhammad Syafii. (2004). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Arifin, & Zainul. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah Edisi Revisi, Cet 4. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Dumairy. (2006). Bank Syariah Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman, Yogyakarta: Ekonisia.

Muhammad. (2002). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: (UPP) AMP YKPN.

Susilo, Edi. (2017). Analisis Pembiayaan dan Risiko Perbankan Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Pengembangan Perbankan Syariah Institut Bankir Indonesia. (2001). Konsep, Produk dan Implementasi Operasional Bank Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Arifin, Zaenul, (2002) Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah, Jakarta: Alvabet.

Budi, A. (2004). Hak Minoritas : Kewajiban dan Ekuitas. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 54-60.

Khikmah, S. (2016). Teori Akuntansi : Ekuitas.

Monalisa. (2018). Analisis pengaruh kualitas Corporate governance dan kualitas laba terhadap biaya modal ekuitas. kesehatan perintis, 67-74.

Oktafia, R., & Basith, A. (2017). Implementasi Good Corporate Governance pada pondok pesantren sebagai upaya peningkatan daya saing. Ekonomi Islam, 71-8.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Jufendri, J., Nurnasrina, N. ., & Sunandar , H. . (2023). Manajemen Ekuitas Dan Likuiditas Pada Bank Syariah Di Indonesia. MONEY: JOURNAL OF FINANCIAL AND ISLAMIC BANKING, 1(1), 44–52. https://doi.org/10.31004/money.v1i1.10588

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)