Implementasi Strategi Pemasaran Pada Coffee Shop Alco Di Kota Padang, Sumatera Barat

Authors

  • Adinda Ardila Putri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Eni Gustia Dewi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Indah Cahyati Univrsitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Nina Widiyanti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Vivy Andriani Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Ramdani Bayu Putra Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3589

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa perkembangan dunia bisnis terutama bisnis coffee shop mengalami peningkatan di kalangan masyarakat karena keberadaan coffee shop saat ini bukan lagi sekedar untuk memenuhi kebutuhan makan atau minum saja, tetapi untuk kebutuhan bersosialisaasi dan perwujudan eksistensi diri maupun kelompoknya, hal ini dikarenakan coffee shop sudah menjadi lifestyle bagi kebanyakan orang di jaman sekarang. Dalam memenuhi kebutuhan konsumen, bisnis coffee shop haruslah menerapkan strategi pemasaran agar volume penjualan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran serta kendala yang dihadapi coffee shop Alco. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa coffee shop Alco mengalami masalah yakni terjadi penurunan omzet penjualan pada saat masa pandemi Covid-19. Untuk mengatasi hal demikian, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar omzet penjualan dapat kembali meningkat di masa yang akan datang. Setelah dilakukan penelitian dan pengamatan, strategi pemasaran yang dilakukan oleh coffee shop Alco adalah dengan mengembangkan kualitas produk yang ada dan menambah varian produk, menetapkan harga yang murah untuk menarik konsumen serta memanfaatkan lokasi yang nyaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Putri, A. A. ., Dewi, E. G. ., Cahyati, I. ., Widiyanti, N. ., Andriani, V., & Putra, R. B. (2022). Implementasi Strategi Pemasaran Pada Coffee Shop Alco Di Kota Padang, Sumatera Barat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 385–388. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3589

Most read articles by the same author(s)