Strategi Kolaborasi Pengembangan UMKM Sulaman Indah Benang Mas dan Bordir Menggunakan Metode SWOT

Authors

  • Rita Fitri Sovia Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Riscia Wahyuni Putri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Indah Prima Yendri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Tika Novita Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Ramdani Bayu Putra Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3479

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor kekuatan, peluang, kelemahan, ancaman pada UMKM dan menenentukan strategi kolaborasi yang optimal dalam pengembangan dan meningkatkan daya saing UMKM Sulaman Indah Benang Mas dan Bordir “Asnaweti Putriâ€. Obyek penelitian yangdipilih adalah UMKM Sulaman Indah Benang Mas dan Bordir “Asnaweti Putri†Manggung Pariaman Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pengembangan UMKM yang harus di terapkan oleh usahanya meliputi: menjaga kualitas produk untuk memenuhi permintaan konsumen, melakukan perbaikan sistem manajemen industri, memperkuat jaringan dan meningkatkan pemasaran, melakukan pengoptimalan biaya produksi, mengupayakan ketersedian bahan baku secara berkelanjutan serta melakukan pengembangan pada produk. Salah satu strategi pengembangan adalah memperkuat jaringan melalui perancangan strategi kolaborasi. Strategi kolaborasi yang diterapkan antara lain: kolaborasi klaster industri sesama UMKM, kolaborasi upstream dan dwonstream, dan kolaborasikompetensi.   Kata kunci : strategi bisnis, marketing, Kolaborasi, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-26

How to Cite

Sovia, R. F. ., Putri, R. W., Yendri, I. P. ., Sari, T. N. ., & Putra, R. B. (2022). Strategi Kolaborasi Pengembangan UMKM Sulaman Indah Benang Mas dan Bordir Menggunakan Metode SWOT . Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 362–365. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3479

Most read articles by the same author(s)