Penerapan Sistem Pemasaran Media Sosial dan Kreativitas Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Bintang Nauli Boneka
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3427Abstract
Keunggulan bersaing diartikan sebagai strategi benefit dari UMKM yang melakukan kerjasama untuk menciptakan keunggulan bersaing yang lebih efektif dalam pasarnya. Keunggulan bersaing adalah jantung kinerja pemasaran untuk menghadapi persaingan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan media sosial sebaga sarana pemasaran online untuk memperoleh pangsa pasar yang memuaskan. Saat ini media sosial sudah sangat mudah diakses oleh siapapun diseluruh dunia, termasuk para pebisnis UMKM yang menggunakan media sosial sebagai sarana pemberi dan berbagi informasi tentang produk yang ditawarkan kepada konsumen secara online. Hal tersebut sangat didukung oleh kemampuan UMKM untuk melakukan kreativitas agar konsumen tetap percaya dalam memilih produk UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Sistem Pemasaran Media Sosial dan Kreativitas Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Bintang Nauli Boneka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer maupun sekunder, data ini diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini kendala yang dialami Bintang Nauli Boneka dalam melakukan sistem pemasaran media sosial dan kretaivitas yaitu: kendala internal meliputi: terbatasnya ketersediaan produk, kendala eksternal meliputi: persaingan, pengambilan gambar produk (plagiat) pihak lain, penipuan yang dilakukan calon konsumen.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-01-16
How to Cite
Darmayanti, S. ., Putri, N. R. ., Febriyanti, F. R. ., Listiawan, E. ., Chandra, V. A. ., & Putra, R. B. (2022). Penerapan Sistem Pemasaran Media Sosial dan Kreativitas Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Bintang Nauli Boneka. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 291–300. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3427
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Serly Darmayanti, Niken Ramanda Putri, Fanisya Rahma Febriyanti, Endah Listiawan, Vindya Arista Chandra, Ramdani Bayu Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).