Penerapan Sistem Pemasaran Media Sosial dan Kreativitas Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Bintang Nauli Boneka

Authors

  • Serly Darmayanti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Niken Ramanda Putri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Fanisya Rahma Febriyanti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Endah Listiawan Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Vindya Arista Chandra Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Ramdani Bayu Putra Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3427

Abstract

Keunggulan bersaing diartikan sebagai strategi benefit dari UMKM yang melakukan kerjasama untuk menciptakan keunggulan bersaing yang lebih efektif dalam pasarnya. Keunggulan bersaing adalah jantung kinerja pemasaran untuk menghadapi persaingan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan media sosial sebaga sarana pemasaran online untuk memperoleh pangsa pasar yang memuaskan. Saat ini media sosial sudah sangat mudah diakses oleh siapapun diseluruh dunia, termasuk para pebisnis UMKM yang menggunakan media sosial sebagai sarana pemberi dan berbagi informasi tentang produk yang ditawarkan kepada konsumen secara online. Hal tersebut sangat didukung oleh kemampuan UMKM untuk melakukan kreativitas agar konsumen tetap percaya dalam memilih produk UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Sistem Pemasaran Media Sosial dan Kreativitas Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Bintang Nauli Boneka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer maupun sekunder, data ini diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini kendala yang dialami Bintang Nauli Boneka dalam melakukan sistem pemasaran media sosial dan kretaivitas yaitu: kendala internal meliputi: terbatasnya ketersediaan produk, kendala eksternal meliputi: persaingan, pengambilan gambar produk (plagiat) pihak lain, penipuan yang dilakukan calon konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

Darmayanti, S. ., Putri, N. R. ., Febriyanti, F. R. ., Listiawan, E. ., Chandra, V. A. ., & Putra, R. B. (2022). Penerapan Sistem Pemasaran Media Sosial dan Kreativitas Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMKM Bintang Nauli Boneka. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 291–300. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3427

Most read articles by the same author(s)