Pengembangan E-Modul Berbasis PAKEM Pada Pokok Bahasan KPK dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Fitria Widy Hastuti Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada materi KPK dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SD yang valid, praktis dan untuk mengetahui efek potensial dari penggunaan e-modul yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD untuk mengetahui efek potensial dari penggunaan e-modul yang dikembangkan berbasis PAKEM pada materi KPK dan FPB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian dari para validator yang terdiri dari 2 dosen 1 pendidik dinilai dari keseluruhan aspek yaitu konstruk, isi dan bahasa dengan persentase yang diperoleh 87,91%. E-modul dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik small group 87,5% dan e-modul yang dikembangkan dinyatakan efektif atau memiliki efek potensial dengan perolehan persentase 75%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran. E-Modul berbasis PAKEM  layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Widy Hastuti, F., Kesumawati, N. ., & Surmilasari, N. . (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis PAKEM Pada Pokok Bahasan KPK dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 647–653. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3215