Pengembangan E-Modul Berbasis PAKEM Pada Pokok Bahasan KPK dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3215Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada materi KPK dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SD yang valid, praktis dan untuk mengetahui efek potensial dari penggunaan e-modul yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD untuk mengetahui efek potensial dari penggunaan e-modul yang dikembangkan berbasis PAKEM pada materi KPK dan FPB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian dari para validator yang terdiri dari 2 dosen 1 pendidik dinilai dari keseluruhan aspek yaitu konstruk, isi dan bahasa dengan persentase yang diperoleh 87,91%. E-modul dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik small group 87,5% dan e-modul yang dikembangkan dinyatakan efektif atau memiliki efek potensial dengan perolehan persentase 75%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran. E-Modul berbasis PAKEM layak digunakan dalam pembelajaran matematika.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-27
How to Cite
Widy Hastuti, F., Kesumawati, N. ., & Surmilasari, N. . (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis PAKEM Pada Pokok Bahasan KPK dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 647–653. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3215
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Fitria Widy Hastuti, Nila Kesumawati, Nora Surmilasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).