Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2845Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 83 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan IV D sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan instrument tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t-test sampel related. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS kelas kontrol sebesar 81,66 sedangkan rata-rata hasil belajar IPS kelas eksperimen sebesar 88,66 sehingga mengalami peningkatan sebesar 8,5%. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung = 2,457 dengan taraf signifikan sebesar 0,05 ttabel = 2,0017, dimana thitung > ttabel (2,457 > 2,0017). Maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning efektif terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 83 Palembang.Downloads
References
Himmah, F., & Gunansyah, G. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Beljar Siswa Kelas IV Sdn Punggul 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1723-1731.
Lawe Yosefina. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Technology, 2(1):26-34
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526-1539. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.618
Oktavian & Maryani (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Kepedulian Peserta Didik terhadap Lingkungan.Jurnal Pendidikan Geografi, 15(2)15-30. DOI: https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3544.g2523
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Setiawan, A. Soegiyanto, H., & Lestari, L. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah-Masalah Sosial. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Siregar, E. S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di Kelas IV SD Negeri 104188 Medan Krio Tahun Ajaran 2017/2018. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).
Solihatin & Raharjo. (2011). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS.Jakarta:PT Bumi Aksara
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1). DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.