PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA GATOTKACA TERBANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ahmad Ipmawan Kharisma Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.828

Keywords:

Pelajaran Matematika, Alat Peraga Gatotkaca Terbang, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa proses pembelajaran di sekolah guru hampir tidak pernah menggunakan alat peraga yang dapat digunakan sesuai dengan konsep yang akan diajarkan. Bahkan, siswa lebih bersemangat ketika guru menggunakan alat peraga, terutama dalam matematika. Masalah yang diteliti adalah "Apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga terbang Gatotkaca pada hasil belajar matematika pada siswa kelas tiga?" Dan tujuan yang ingin diperoleh untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga Gatotkaca terbang terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas III. Jenis penelitian adalah peneliti kuantitatif dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dan jenis tes awal dan akhir, menggunakan sampel penuh dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling untuk menentukan kelas kontrol dan eksperimen. Populasi penelitian adalah semua kelas III di SDN Dukuh Menanggal II/425 Surabaya, sampel yang digunakan kelas III A dan III B terdiri dari masing-masing 26 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Dari hasil yang diperoleh validitas data RPP sehubungan dengan beberapa aspek yang dinilai dapat dikategorikan baik. Sebelum melakukan tes, peneliti menguji normalitas dan menguji homoginitas kelas eksperimen dan kelas kontrol, peneliti dapat membuktikan bahwa baik kelas normal maupun homogen. Kemudian untuk hasil uji t diperoleh t hitung atau 2,12> 1,67 Jadi, H0 ditolak, dapat dinyatakan, karena H1 diterima, artinya alat peraga Gatotkaca terbang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas III SDN Dukuh Menanggal II/425 Surabaya.

Author Biography

Ahmad Ipmawan Kharisma, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan

References

Ana Saragih. (2019). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 2(2).

Asyhar, H, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.

Dimas Afif Kurniawan. (2020). PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 3(1).

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Media Pembelajaran Dan Sumber Belajar.

Lisadah. (2010). Penelitian Tindakan Kelas.

Siti Sundari. (2006). Studi Korelasi Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Bulutengger.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D.

Suprapti. (2009). Penilaian Tindakan Kelas.

Downloads

Published

2020-06-10