HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

Authors

  • Hanna Gloria Christopher IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.643

Keywords:

Iklim Sekolah, Kecerdasan Emosional

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat hubungan antara iklim sekolah dengan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP 30 siswa. Pengukuran kecerdasan emosional menggunakan skala kecerdasan emosional, pengukuran persepsi iklim sekolah menggunakan skala persepsi iklim sekolah. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis penelitian: teradapat hubungan antara persepsi iklim sekolah dengan kecerdasan emosional siswa dengan nilai sig = 0,001< 0,05. R (x_(→^y )) = 0,501, R^2(x_(→^y )) = 0,251 menunjukan kontribusi variabel iklim sekolah terhadap kecerdasan emosional sebesar 25,1%

Author Biography

Hanna Gloria Christopher, IKIP Gunungsitoli

Prodi Bimbingan Konseling

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Aziz, M. 2014. Hubungan Iklim Sekolah dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tanah Jambo Aye Aceh Utara. Medan. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

Danim, S.2003. Menjadi komunitas Pembelajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2014. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Malang: Gaya Media.

Daud, Firdaus. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2), 243-255.

Ghozali, Iman. 2016. Aplikasi Analisis Multivarete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginanjar, A. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan dan Spritual. Jakarta: Arga. Goleman, D. 2002. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, J. 2003. Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Purwita, H. F., & Tairas. (2013). Hubungan antara persepsi siswa terhadap iklim sekolah dangan School Engagement di SMK IPIEMS Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan, 2 (01), 1-9.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259- 265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-06-12

How to Cite

Christopher, H. G. (2019). HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(1), 215–220. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.643