IMPLEMENTASI PROGRAM PRODUKSI SABUN CUCI PIRING SEBAGAI SOLUSI PENDANAAN PANTI ASUHAN

Authors

  • Sardi Pranata Universitas Negeri Medan
  • Sani Klara Uli Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Reni Afrilia Universitas Negeri Medan
  • Siti Khumayro Universitas Negeri Medan
  • Anna Yudita Simanullang Universitas Negeri Medan
  • Gladis Anrianti Universitas Negeri Medan
  • Nabilla Syahfitri Harahap Universitas Negeri Medan
  • Manumpan Parluhutan Sitinjak Universitas Negeri Medan
  • Apiza Aulia Universitas Negeri Medan
  • Christian Judika Lumbantoruan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53895

Keywords:

Pendidikan masyarakat; Panti Asuhan; Sabun Cuci Piring; Pemberdayaan; Keterampilan Hidup.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dasar, tantangan pendidikan, serta potensi pemberdayaan di Panti Asuhan Melvin Sejahtera, sekaligus mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan pembuatan sabun cuci piring sebagai bentuk intervensi keterampilan hidup. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi pengurus panti dan enam anak asuh dengan rentang usia sekolah dasar hingga SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panti menghadapi keterbatasan dana, kekurangan kebutuhan pokok, minimnya fasilitas pendidikan, serta masalah psikososial seperti rendahnya kepercayaan diri dan pengalaman perundungan pada beberapa anak. Kegiatan pelatihan pembuatan sabun cuci piring memberikan dampak positif, yaitu meningkatnya keterlibatan anak, terciptanya pengalaman belajar praktis, serta dihasilkannya produk yang dapat mengurangi pengeluaran panti. Selain itu, pelatihan mendorong anak mengembangkan rasa tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, dan pemahaman nilai ekonomi produk. Temuan ini menunjukkan bahwa program keterampilan sederhana dapat menjadi strategi pemberdayaan yang relevan bagi panti dengan keterbatasan sumber daya. Pelatihan vokasional seperti pembuatan sabun perlu dikembangkan secara berkelanjutan untuk mendukung kemandirian panti dan kebutuhan perkembangan anak asuh.

References

Hartati, L., & Simanjuntak, R. (2021). Entrepreneurship training through simple product development for children in social institutions. Journal of Community Engagement Studies, 5(2), 134–145.

Mutiarasari, D., & Wibowo, A. (2021). Program pemberdayaan vokasi di lembaga penitipan anakns: Building confidence and decision-making skills. Journal of Social Empowerment Studies, 4(2), 98–107.

Pradana, R., Yunita, F., & Ningsih, R. (2022). Developing entrepreneurial interest in youth through household product training. Indonesian Journal of Educational Innovation, 4(3), 188–197.

Rappaport, J. (1987). Terms of empowerment/exemplars of prevention: Toward a theory for community psychology. American Journal of Community Psychology, 15(2), 121–148.

Suryana, Y. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses. Salemba Empat.

Wijayanti, S., Pramudita, L., & Hidayat, A. (2023). Children’s participation in simple production activities as a strategy for independence training. Indonesian Journal of Community Learning, 7(1), 55–66.

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

Pranata, S., Nainggolan, S. K. U., Afrilia, R., Khumayro, S., Simanullang, A. Y., Anrianti, G., … Lumbantoruan, C. J. (2025). IMPLEMENTASI PROGRAM PRODUKSI SABUN CUCI PIRING SEBAGAI SOLUSI PENDANAAN PANTI ASUHAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8748–8754. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53895

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)