IMPLEMENTASI PROGRAM PRODUKSI SABUN CUCI PIRING SEBAGAI SOLUSI PENDANAAN PANTI ASUHAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53895Keywords:
Pendidikan masyarakat; Panti Asuhan; Sabun Cuci Piring; Pemberdayaan; Keterampilan Hidup.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dasar, tantangan pendidikan, serta potensi pemberdayaan di Panti Asuhan Melvin Sejahtera, sekaligus mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan pembuatan sabun cuci piring sebagai bentuk intervensi keterampilan hidup. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi pengurus panti dan enam anak asuh dengan rentang usia sekolah dasar hingga SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panti menghadapi keterbatasan dana, kekurangan kebutuhan pokok, minimnya fasilitas pendidikan, serta masalah psikososial seperti rendahnya kepercayaan diri dan pengalaman perundungan pada beberapa anak. Kegiatan pelatihan pembuatan sabun cuci piring memberikan dampak positif, yaitu meningkatnya keterlibatan anak, terciptanya pengalaman belajar praktis, serta dihasilkannya produk yang dapat mengurangi pengeluaran panti. Selain itu, pelatihan mendorong anak mengembangkan rasa tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, dan pemahaman nilai ekonomi produk. Temuan ini menunjukkan bahwa program keterampilan sederhana dapat menjadi strategi pemberdayaan yang relevan bagi panti dengan keterbatasan sumber daya. Pelatihan vokasional seperti pembuatan sabun perlu dikembangkan secara berkelanjutan untuk mendukung kemandirian panti dan kebutuhan perkembangan anak asuh.References
Hartati, L., & Simanjuntak, R. (2021). Entrepreneurship training through simple product development for children in social institutions. Journal of Community Engagement Studies, 5(2), 134–145.
Mutiarasari, D., & Wibowo, A. (2021). Program pemberdayaan vokasi di lembaga penitipan anakns: Building confidence and decision-making skills. Journal of Social Empowerment Studies, 4(2), 98–107.
Pradana, R., Yunita, F., & Ningsih, R. (2022). Developing entrepreneurial interest in youth through household product training. Indonesian Journal of Educational Innovation, 4(3), 188–197.
Rappaport, J. (1987). Terms of empowerment/exemplars of prevention: Toward a theory for community psychology. American Journal of Community Psychology, 15(2), 121–148.
Suryana, Y. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses. Salemba Empat.
Wijayanti, S., Pramudita, L., & Hidayat, A. (2023). Children’s participation in simple production activities as a strategy for independence training. Indonesian Journal of Community Learning, 7(1), 55–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sardi Pranata, Sani Klara Uli Nainggolan, Reni Afrilia, Siti Khumayro, Anna Yudita Simanullang, Gladis Anrianti, Nabilla Syahfitri Harahap, Manumpan Parluhutan Sitinjak, Apiza Aulia, Christian Judika Lumbantoruan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




