PENGGUNAAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAK SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER KRISTIANI

Authors

  • Riyanti Nababan PTKKN Kementerian Agama RI
  • Windri Santria Nababan PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53572

Keywords:

Problem Based Learning, Pendidikan Agama Kristen, Karakter Kristiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan penggunaan strategi Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen sebagai upaya membentuk karakter Kristiani peserta didik. Kajian dilakukan dengan metode studi pustaka yang memanfaatkan jurnal dan buku akademik yang dapat diakses secara daring. Teori konstruktivisme, kolaborativisme, serta pedagogi Kristen menjadi pisau analisis untuk menelaah sejauh mana PBL dapat menopang tujuan PAK yang berfokus pada pembentukan iman, moral, dan tanggung jawab peserta didik. Literatur menunjukkan bahwa PBL tidak hanya mendorong keaktifan dan pemahaman konsep, tetapi juga memberi ruang bagi siswa untuk mengalami nilai kasih, kejujuran, tanggung jawab, dan sikap peduli melalui dialog, kerja kelompok, dan penyelesaian masalah yang relevan dengan kehidupan mereka. Hasil kajian memperlihatkan bahwa PBL memiliki kontribusi kuat dalam memperdalam pemahaman siswa terhadap ajaran Alkitab serta membantu mereka menerapkan nilai-nilai tersebut dalam konteks nyata. PBL juga mendorong refleksi pribadi dan pembelajaran kolaboratif yang penting bagi perkembangan moral dan spiritual. Meskipun demikian, penelitian ini mencatat bahwa penerapan PBL memerlukan kesiapan guru sebagai fasilitator, perencanaan masalah yang tepat secara teologis, serta dukungan sumber belajar yang memadai. Secara keseluruhan, PBL dipandang sebagai pendekatan yang relevan dan efektif untuk memperkuat tujuan PAK dalam membentuk karakter Kristiani yang otentik.

References

Ardianti, Resti, dkk. 2021. “Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana.” Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Esema, David, Evi Susari & Daniel Kurniawan. 2012. “Problem-Based Learning.” Satya Widya, 28(2), 167–174.

Manullang, Yoel Satria, Nurliani Siregar & Imelda Butarbutar. 2025. “The Effect of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model on Improving Students' Learning Motivation in the Christian Religious Education Subject of Grade XII.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 4(3), 320–333.

Nababan, Damayanti & Alia Valentine Simorangkir. 2023. “Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2).

Ndolu, Semi & Ezra Tari. 2022. “(Tentang PBL dalam konteks PAK).” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(2).

Ndruru, Yurlina, Andreas Teko & Sandra R. Tapilaha. 2023. “Teologi Pendidikan Agama Kristen: Fondasi dan Implikasi untuk Pendidikan Modern.” Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik, 2(2).

Neonane, Tia & Semuel Linggi Topayung. 2024. “Pendidikan Agama Kristen dan Perannya dalam Memfasilitasi Kerjasama Antar Budaya di Indonesia.” Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik, 3(1).

Purba, Cas Widya, dkk. 2024. “Pengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pagaran Tahun Pembelajaran 2023/2024.” Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama, 2(4).

Putri S., Hepni, Asnawati Saogo & Sandra R. Tapilaha. 2023. “Teologi sebagai Landasan bagi Gereja dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik, 2(2).

Rais, Muhammad & Afdhal Zikri. 2025. “Problem Based Learning: Definisi, Konsep, dan Tujuan.” Khazanah Pendidikan, 19(1).

Rumahorbo, Astrina Srikandi & Feri Simanjuntak. 2024. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Critical Thinking Generasi Digital.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3).

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sirait, Jannes E. & Rohana M. Angelique Sirait. 2024. “Makna Tujuan Hidup dan Peran Pendidikan Religius dalam Perspektif Teologi Pendidikan Agama Kristen.” Samuel Elizabeth Journal: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen.

Sulaiman, Ahmad & Siti Azizah. 2020. “Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(1).

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Nababan, R., & Nababan, W. S. (2025). PENGGUNAAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAK SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER KRISTIANI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8458–8466. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53572

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.