KEPEMIMPINAN DAN MANAGER PROYEK

Authors

  • Fitri Yulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yenita Anggraini Barus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitri Yulia Universitas Alwashliyah
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51336

Keywords:

Kepemimpinan, Manager Proyek, Pendidikan

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi manajer proyek dalam pengembangan pendidikan Islam dan mengidentifikasi gaya kepemimpinan serta kompetensi yang diperlukan manajer proyek.Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis, desain, atau rancangan penelitian yang biasa digunakan untuk meneliti objek penelitian yang alamiah atau dalam kondisi riil dan tidak disetting seperti pada eksperimen. Hasil Penelitian menunjukkan Kepemimpinan merupakan faktor utama dalam keberhasilan manajemen proyek pendidikan karena memengaruhi kinerja tim, pencapaian tujuan, dan hubungan antaranggota. Gaya kepemimpinan transformasional terbukti paling efektif dalam konteks proyek pendidikan karena mampu menginspirasi, mendorong inovasi, dan menciptakan keterlibatan yang tinggi, meskipun gaya transaksional dan situasional tetap dibutuhkan dalam kondisi tertentu. Kompetensi yang wajib dimiliki seorang manajer proyek pendidikan meliputi kompetensi teknis, kepemimpinan, sosial-komunikasi, dan adaptif, yang saling melengkapi untuk menghadapi dinamika pendidikan.Tantangan utama manajer proyek pendidikan meliputi keterbatasan sumber daya, perubahan kebijakan, resistensi terhadap inovasi, serta hambatan digitalisasi.Studi kasus implementasi Learning Management System membuktikan bahwa dengan kepemimpinan transformasional dan strategi pendampingan, proyek pendidikan dapat berjalan efektif serta meningkatkan partisipasi dan kualitas pembelajaran

References

Al Khajeh, E. H. (2018). Impact of leadership styles on organizational performance. Journal of Human Resources Management Research, 2018, 1–10. https://doi.org/10.5171/2018.687849

Arini, T., dkk. (2025). Kepemimpinan dalam manajemen pendidikan. Jurnal Edu Society, 6(1), 45–56.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2019). Transformational leadership (3rd ed.). Routledge.

Bulhadi, B., dkk. (2024). Implementasi manajemen kepemimpinan dalam pencapaian tujuan organisasi pendidikan. Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 9(2), 233–247.

Crawford, L., Nahmias, A.-H., & Turner, J. R. (2021). Strategic project leadership: Building organizational capabilities to improve project performance. International Journal of Project Management, 39(2), 85–98. https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2020.10.005

Dhawan, S. (2020). Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Even, A. (2025). Project management and education. Research in Project Management, 15(1), 112–126.

Hersey, P., Blanchard, K. H., & Johnson, D. E. (2019). Management of organizational behavior: Leading human resources (11th ed.). Pearson.

Iqbal, S., Anwar, S., & Haider, N. (2020). Effect of leadership style on employee performance. International Journal of Social Sciences and Management, 7(1), 45–56.

Kerzner, H. (2017). Project management: A systems approach to planning, scheduling, and controlling (12th ed.). Wiley.

Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2020). The leadership challenge: How to make extraordinary things happen in organizations (7th ed.). Wiley.

Kumar, P., Kumar, N., & Dwivedi, Y. K. (2020). Digital learning in the era of COVID-19: Critical perspectives. Education and Information Technologies, 25, 3835–3849. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10240-1

Mulyasa, E. (2020). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Remaja Rosdakarya.

Nadzir, M. (2019). Manajemen pendidikan Islam: Konsep dan implementasi. Prenada Media.

Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice (9th ed.). Sage Publications.

Ozsoy, S. (2024). Exploring current practices in project management education. SAGE Open, 14(2), 1–13. https://doi.org/10.1177/21582440241236053

PMI. (2021). A guide to the project management body of knowledge (PMBOK® guide) (7th ed.). Project Management Institute.

Purwanto, A., Pramono, R., & Asbari, M. (2020). Leadership and the impact on organizational performance in education. Journal of Leadership in Organizations, 2(1), 1–16.

Purwanto, A. (2023). Peran pemimpin dalam perubahan organisasi pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Manajemen, 5(2), 55–67.

Ramayulis. (2018). Ilmu pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Rauniar, R., Rawski, G., Yang, J., & Johnson, B. (2019). Collaboration and leadership in project management. Project Management Journal, 50(2), 121–134.

Rehan, R., Khan, H., & Khalid, M. (2024). An empirical study on project managers’ leadership. International Journal of Project Organization and Management, 16(3), 233–249.

RSI International. (2025). Exploring the influence of leadership styles on project manager competencies and project management success. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 9(2), 155–165.

Serrador, P., & Pinto, J. K. (2019). Does agile work?—A quantitative analysis of agile project success. International Journal of Project Management, 37(7), 1040–1051.

Sutrisno, S. (2021). Kepemimpinan dan manajemen proyek pendidikan di era revolusi industri 4.0. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 25–37.

Syafaruddin. (2019). Manajemen mutu pendidikan Islam. Perdana Publishing.

Todorović, M. L., Mitrović, Z., & Bjelica, D. (2020). Digital competences of project managers in education. Education and Information Technologies, 25, 579–593. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09961-2

Turner, J. R., & Müller, R. (2005). The project manager’s leadership style as a success factor on projects: A literature review. Project Management Journal, 36(2), 49–61.

Times Indonesia. (2025, 17 Januari). Literasi Naik Kelas Berkat Perpustakaan Digital, SMAN 1 Pacitan Sabet Penghargaan Digital Transformation.

Diakses dari: https://timesindonesia.co.id/pendidikan/544797/literasi-naik-kelas-berkat-perpustakaan-digital-sman-1-pacitan-sabet-penghargaan-digital-transformation

Uhl-Bien, M., & Arena, M. (2018). Leadership for organizational adaptability: A theoretical synthesis and integrative framework. The Leadership Quarterly, 29(1), 89–104.

Widodo, S. (2020). Kepemimpinan partisipatif dalam pengembangan sistem informasi akademik di pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(2), 177–189.

Winch, G. (2025). Practical wisdom for leading projects. International Journal of Project Management, 43(1), 15–29.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Yulia, F., Barus, Y. A., Yulia, F., & Siahaan, A. (2025). KEPEMIMPINAN DAN MANAGER PROYEK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7959–7965. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51336

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.