PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI MOCKUP MI DALAM MATA KULIAH SENI KULINERI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Authors

  • Najmah Fasyama Shifwah Universitas Negeri Jakarta
  • Cucu Cahyana Universitas Negeri Jakarta
  • Annis Kandriasari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51185

Keywords:

E-Modul, Mockup Mi, Media Pembelajaran, R&D, Lee Dan Owens

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-modul pada materi mockup mi yang dirancang khusus untuk mendukung proses pembelajaran mata kuliah Seni Kulineri di Program Studi Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta. Pengembangan media ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengakses materi secara interaktif dan mandiri, sehingga meningkatkan pemahaman serta keterampilan praktis dalam bidang kuliner. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Lee dan Owens, yang meliputi tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif berbasis persentase untuk mengukur kelayakan media. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan skor kelayakan yang sangat baik pada aspek media, materi, dan bahasa, yang menunjukkan bahwa konten serta penyajian media telah memenuhi standar kualitas pembelajaran. Selain itu, evaluasi pengguna melalui uji coba one-to-one (81,2%), small group (89,9%), dan field group (92%) memperoleh kategori sangat baik, hal tersebut mendukung pengakuan media ini sebagai sumber belajar yang efektif dan menarik. Dengan demikian, e-modul mockup mi layak digunakan sebagai media pembelajaran karena mampu memberikan pengalaman belajar yang interaktif, meningkatkan motivasi mahasiswa, dan memenuhi kebutuhan pembelajaran modern yang fleksibel.

References

Al Firah, J., Miranti, M. G., Romadhoni, I. F., & Pangesthi, L. T. (2024). Pengembangan E-modul Hidangan Kentang dan Pasta Berbasis Heyzine Flipbooks Untuk Siswa SMK Kuliner. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1731–1738. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2504

Andi, P. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25. https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653

Anwar. (2010). Karakteristik Modul Pembelajaran.

Asmi, Adhitya Rol, and A. N. D. B. Surbakti. "Pengembangan e-modul berbasis flip book maker materi." Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 27.1 (2018): 1-10.

Bellingham, L., & Bybee, J. A. (2012). Food Styling for Photographers. In Food Styling for Photographers. https://doi.org/10.4324/9780080569390

Bintari Kartika, S. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102. http://eprints.umsida.ac.id/432/

Choirunnisa. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Klip Pembuatan Mockup Es Krim Dalam Mata Kuliah Skripsi Ini Ditulis Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Tata Boga.

Darojat, Achmad. "Pengembangan Multimmedia Pembelajaran Interaktif pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa kelas VIII SMP." Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran 1 (2016): 297-301.

Daryanto. (2013a). Media Pembelajaran.

Daryanto. (2013b). Penyusunan Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar).

Desthian, R. (n.d.). Serba-serbi Mockup: Pengertian, Fungsi, Kerangka, Contoh, dan Aplikasinya.

Dewi, A. (n.d.). Pengembangan E-modul Berbasis Multimedia yang Bertujuan untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran.

Fadhlurrohman, I., & Sumarmono, J. (2022). Tekstur, Susut Bobot, dan Warna Telur Ayam dan Itik dengan Lama Perebusan yang Berbeda. Prosiding Seminar Teknologi Dan Agribisnis Peternakan IX, 2021, 782–789.

Hafsah, Nandya RJ, Dedi Rohendi, and Purnawan. 2016. “Penerapan Media

Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik.” Journal of Mechanical Engineering Education 3(1):106. doi: 10.17509/jmee.v3i1.3200.

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring-Design of Development of Online-Based Learning Assessment Instruments. Jurnal Petik, 5(1), 31–47.

Istiqomah, S. (2019). Strategi Memilih Media Pembelajaran yang Tepat.

Kustandi, C., & Sujipto, B. (n.d.). Media Pembelajaran. 2013.

Lauhi. (2020). E-modul Sebagai Bahan Ajar Elektronik.

Linda, Roza, Zulfarina, Mas’ud, and Teja Pratama Putra. 2021. “Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 9(2):191–200. doi: 10.24815/jpsi.v9i2.19012.

Luthfiana, Yusrina. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Mekanika Bahan Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Diss. Universitas Negeri Jakarta, 2020.

Maharputrananda, T. K. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Klip Pembuatan Mockup Ice Cream Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 115. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.18446

Manik, Grace. Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sel Elektrolisis Kelas XII SMA. Diss. UNIVERSITAS JAMBI, 2023.

Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). Penerapan model PBL berbantuan e-modul berbasis flipbook dibandingkan berbantuan bahan ajar cetak pengaruhnya terhadap hasil belajar pemrograman siswa SMK. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 130-138.

Oktarisma, D. (2019). Analisis Model Pengembangan Bahan Ajar (4d, Addie, Assure, Hannafin Dan Peck).

Patricia, Aristine. Pengembangan Video Pembelajaran Yang Kontekstual Pada Materi Fluida Di Sma Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Diss. Universitas Negeri Jakarta, 2022.

Pendidikan, K., & Teknologi, R. D. A. N. (2025). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi universitas negeri jakarta fakultas teknik. 021, 47864808.

Pendidikan, K., Teknologi, R. D. A. N., Nama, S. M. K., & Kuliah, M. (n.d.). Pra-Transkrip Akademik Pra-Transkrip Akademik. 021, 3–5.

Prabowo, A. K., & Arianto, F. (2018). Pengembangan Multimedia Berbasis Mobile Learning Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Bitmap Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Dengan Model Pengembangan DDD-E Untuk Kelas X Multimedia Di Smkn 1 Trowulan Mojokerto. Universitas Negeri Surabaya, 9(2), 1–7.

Prastyo, A. A., Sriwijaya, U., & Pengembangan, P. (2019). Pengembangan Petunjuk Praktikum Pada Mata Kuliah Kinematika Dan Dinamika Di Program Studi the Practicum Instructions Development in Kinematics and Dynamics Courses of the Mechanical Engineering Education Study Program of Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(1). https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/6976

Pugu, R., M., Riyanto, S., & Noorman, R. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi.

Puspita, Kana, et al. "Pengembangan E-modul praktikum kimia dasar menggunakan aplikasi canva design." Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa 5.2 (2021): 151-161.

Putriananta. (2019). Pemanfaatan E-modul dalam Proses Pembelajaran.

Rachel. (2024). Powerful Composition Tips For Styling Noodle Bowls For Photos.

Rachma, A., Tuti Iriani, & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554

Raharjo, M. W. C., Suryati, S., & Khery, Y. (2017). Pengembangan E-modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Mendorong Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(1), 8. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i1.102

Rahdiyanta. (2008). Karakteristik E-modul Pembelajaran.

Rahmi. (2018). E-modul sebagai Media Belajar Mandiri.

Rustana, S., & Raihanati. (2020). Pengembangan E-modul Interaktif.

Sandi, G. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3), 241-251.http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1839

Sari, Dewi Ratna, et al. "Pengembangan media pembelajaran google sites pada materi hidrolisis garam berbasis pendekatan kontekstual." Lantanida Journal 10.2 (2022): 109-123.

Satria Nugeraha M, Yennita, A. P. Y. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 10–16. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/8375

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan.

Siqid, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android.

Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Administrasi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sukiman. (2012). Pengembangan E-modul Pembelajaran.

Tegeh, I. M. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model.

Tegeh, I.M., Jampel, I.N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan.

Vii, K., & Negeri, S. M. P. (2014). Pengembangan multimedia interaktif berbasis.

Zaharah, and Ade Susilowati. 2020. “Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0.” Biodik 6(2):39–52. doi: 10.22437/bio.v6i2.8950.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Shifwah, N. F., Cahyana, C., & Kandriasari, A. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI MOCKUP MI DALAM MATA KULIAH SENI KULINERI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7945–7958. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51185

Similar Articles

<< < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)