PENGARUH CITRA MERK DAN KUALITAS PRODUK SKINTIFIC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MAHASISWA MANAJEMEN UTM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50970Keywords:
Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Skintific.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara citra merek dan kualitas produk Skintific dengan keputusan pembelian konsumen di kalangan mahasiswa Manajemen Universitas Trunojoyo Madura. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif, di mana data primer dikumpulkan melalui kuesioner online yang disebarkan kepada 55 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil riset memperlihatkan dampak positif dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, berbanding terbalik dengan citra merek yang tidak signifikan. Temuan ini menekankan bahwa mahasiswa lebih mempertimbangkan kualitas produk dalam memilih skincare, dibandingkan dengan citra merek. Studi lanjutan disarankan untuk memperluas cakupan penelitian dengan memasukkan variabel-variabel lain yang berpotensi memengaruhi keputusan pembelian dan melakukan analisis pada berbagai segmen pasar untuk mendapatkan pemahaman perilaku konsumen yang lebih utuh, yang bermanfaat bagi pemasar dalam perumusan strategi pemasaran yang lebih efektif. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pemasar dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif, dengan fokus pada peningkatan kualitas produk sebagai prioritas utama untuk menarik konsumen muda.References
Agustina, N. A., Sumowo, S., & Wijayantini, B. (2018). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 186-196.
Alverina, D., & Syarif, R. (2023). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Sancraft Di Jakarta. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(2), 113-112. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/2342
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612
Baroto, M. I., & Artanti, Y. (2023). The Influence of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions of NU Green Tea. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(12), 64-68.
Calistarahma, I. R., & Saputro, E. P. (2023). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 11(2), 125-136. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/DK/article/view/4154
Hair, J.f., et al. (2010). Multivariate Data Analysis. Edisi ke-7. New Jersey: Pearson Education.
Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara di Ud.Barelang Tani Jaya Batam. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 37–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.4
Iskuntianti, N. D., Faisal, M. A., Naimah, J., & Sanjaya, V. F. (2020). The Influence of brand image, lifestyle, and product quality on purchasing decisions. Journal of Business and Management Review, 1(6), 436-448. https://profesionalmudacendekia.com/index.php/jbmr/article/view/75
Kristianto, A. D., & Wahyudi, T. A. (2019). Pengaruh citra merek, persepsi kualitas produk dan persepsi harga pada kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(2), 117-126. https://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/74
Suhaily, & Syarief Darmoyo. (2017). Effect Of Product Quality,Perceived Priceand Brand Image On Purchase Decision Mediated By Customer Trust (Study On Japanese Brandelectronic Product). Jurnal Manajemen, 21(2), 179–194. https://doi.org/10.24912/jm.v21i2.230
Manik, Y. M., Wahjoedi, W., Wahyono, H., & Sumarsono, H. (2023). Dampak peluang dan kemampuan untuk mengubah sikap terhadap lingkungan menjadi perilaku konsumen yang Pro-Lingkungan. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 19(3), 173-190. https://doi.org/10.21067/jem.v19i3.10185
Marissa, H. G. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta, 2020. Jurnal ekonomi menejemen dan bisnis, 21.
Papafotikas, I., Chatzoudes, D., & Kamenidou, I. (2014). Purchase decisions of Greek consumers: an empirical study. Procedia Economics and Finance, 9, 456-465.
Rihayana, I. G., Salain, P. P. P., Rismawan, P. A. E., & Antari, N. K. M. (2022). The Influence of Brand Image, and Product Quality on Purchase Decision. International Journal of Business Management and Economic Review, 4(06), 342-350. https://ijbmer.org/indexing.php
Rijadi, M. F., & Hidayat, I. (2019). Pengaruh Promosi, Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Vivo. JIRM: Jurnal Ilmiah dan Riset Manajemen, 8(1), 1–21.
Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, 5(3), 8126-8137. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1600
Rybaczewska, M., Sparks, L., & Sułkowski, Ł. (2020). Consumers’ purchase decisions and employer image. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 102123.
Sari, I. M., & Asral, A. (2024). The Effect of Brand Image, Price and Product Quality on Purchasing Decisions for Iphone Products. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 5(1), 13 - 30. https://doi.org/10.52970/grmapb.v5i1.454
Sari, R., & Prihartono, P. (2021). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1171-1184. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1573
Yohana Dian Puspita, & Ginanjar Rahmawan. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier: Influence of Prices, Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98-104. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2.1644
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khusnul Hotimah, Triana Setiyarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




