KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAH AL-AN’AM AYAT 151
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50899Keywords:
Konsep, Pendidikan Karakter, Al-Qur’an Surah Al-An’am ayat 151.Abstract
Pendidikan karakter adalah bagian penting dari proses pendidikan yang bertujuan untuk membentuk siswa yanh berkarakter dan berakhlak mulia. Dalam era masyarakat 5.0, pentingnya pendidikan karakter semakin meningkat untuk membentuk generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Al-Qur’an, sebagai sumber ajaran Islam, juga menekankan pentingnya pendidikan karakter, seperti yang disebutkan dalam Surah Al-An’am ayat 151. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakuka penelitian tentang konsep Pendidikan karakter dalam sudut pandang Al-Qur’an. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran dan pemahaman tentang subjek pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surah Al-An’am ayat 151; menemukan konsep-konsep pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surah Al-An’am ayat 151; dan menemukan bagaimana konsep-konsep ini dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI. Metode data dan informasi tentang konsep pendidikan karakter yang ditemukan dalam surah Al-An'am ayat 151 dalam Al-Qur'an dikumpulkan melalui buku-buku, artikel, dan sumber-sumber lainnya melalui metode kualitatif studi kepustakaan. Penelitian ini menemukan bahwa konsep pendidikan karakter yang disebutkan dalam surah Al-An’am ayat 151 adalah religious, setia, hormat, dan penyayang, tanggung jawab, kerja keras, kejujuran, toleransi, dan kemanusiaan. Ini juga melarang mendekati dan melakukan perbuatan keji serta membunuh anak karena takut miskin. Konsep pendidikan karakter yang ditemukan dalam Al-An’am ayat 151 digunakan dalam pembelajaran PAI dengan cara mau’izzah (nasihat), uswatun hasanah (keteladanan), ta’wid (pembiasaan), targib dan tahrib. Pendidikan karakter suatu pendekatan yang mengajarkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Strategi pendidikan karakter terdiri dari tiga tahapan: pengetahuan moral, kasih sayang, dan tindakan moral. Beberapa hal yang disebutkan dalam surah Al-An’am ayat 151 adalah ketauhidan, berbakti kepada kedua orang tua, larangan membunuh anak hanya karena takut miskin, mendekati dan melakukan perbuatan keji, dan membunuh tanpa alasan yang sah.References
(Hamka), A. A. (1983). Tafsir Al-Azhar, Juz VII. Jakarta: Pustaka Panjimas.
(Hamka), A. M. (1983). Tafsir Al-Azhar Juzu’ 8. Kandahar Street: Pustaka Nasional Pte Ltd Singapura.
Agustinus Firdaus Junik, S. R. (2017). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas V di Gugus II Kasihan Bantul Yogyakarta.
Ali Nugraha, R. D. (2021). Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Al-Maragi, A. M. (1992). Tafsir Al-Maragi (Terj. A. U. Sitanggal). Semarang: PT. Karya Toha Putra.
Al-Qarni, A. A. (2016). Al-Tafsir Al-Muyassar (Terj. M. A. Karimi). Jakarta: Darul Haq.
Al-Sa’di, A. B. (2018). Tafsir Al-Karim Al-Rahman fi Tafsir Kalam Al-Mannan. Jakarta: Darul Haq.
Al-Syaibani, O. M.-T. (1979). Terjemah Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Zuhaili, W. (2012). Al-Tafsir Al-Wasith. Depok: Gema Insani.
Andayani, A. M. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press.
Anwar, R. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Dalimunthe, A. (2016). Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMPN 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter.
Darmiatun, D. D. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: Gava Media.
Dr. Ulil Armi Syafri, M. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Depok: Rajagrafindo Persada.
Fithriyah, N. N. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan Akhlak dalam Surah Al-An’am Ayat 151 pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.
Hawi, A. (2013). Kompetensi Guru PAI. Jakarta: Rajawali Press.
Heri Gunawan, S. M. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Indana, N. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Surah Al-An’am Ayat 151-153.
Madrasah, T. D. (2010). Wawasan Pendidikan Karakter dalam Islam. Direktorat Pendidikan Madrasah Kemenag.
Maryam Sulaeman, N. I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Survei di SMKN 26 Jakarta). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.
Muchtar, A. A. (2025). Implementasi Nilai-nilai Akhlakul Karimah melalui Pembelajaran PAI pada Peserta Didik SDI Al Azhar Kelapa Gading. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keagamaan.
Muchtar, H. J. (2005). Fiqih Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mugiyono, K. (2024). Pengaruh Pembiasaan Sholat terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Wawasan dan Aksara.
Muhammad Thohir, T. S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an Hadis. Kemenag RI.
Mujib, Y. Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam.
Nahuda. (2024). Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Anak dalam Surah Al-Fatihah di Era Digital. Journal of Islamic Education Studies.
Nahuda, H. K. (2024). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Program Tadarus Tahfidz dan Dhuha di MAN 2 Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.
Nurrizki, B. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung dalam Al-Qur’an Surah Al-An’am Ayat 151-153.
Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Ramli, U. Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi.
Rosyid, Z. (2022). Konsep Pengajaran Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari. Jurnal Pendidikan Islam.
Sepiyah, S. M. (2021). Konsep Pendidikan dan Pembentukan Karakter dalam Islam. Guepedia Group.
Shihab, M. Q. (2013). Al-Qur’an dan Maknanya. Tanggerang: Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (n.d.). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an.
Sukatin, N. S. (2022). Pendidikan Karakter Anak. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.
Sukring. (2013). Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syukur, S. (2015). Studi Islam Transformative Pendekatan di Era Kelahiran, Perkembangan dan Pemahaman Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tantowie, F. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surah Al-An’am Ayat 151-153. Tarbiyah Al-Aulad.
Ulwan, S. A. (2012). Ensiklopedia Pendidikan Akhlak Mulia: Panduan Mendidik Anak Menurut Metode Islam. Jakarta: PT. Lentera Abadi.
Web, T. (n.d.). Tafsir Muyassar I dan Tafsir Surat Al-An’am Ayat 151. Retrieved from https://tafsirweb.com/2275-surat-al-anam-ayat-151.html.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riza Fachrul Rossy, Yuyu Wahyudin, Suprapto Suprapto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




