ANALISIS KEMANDIRIAN ANAK PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50251Keywords:
Kemandirian Anak, Profil Pelajar Pancasila.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis kemandirian anak pada pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila anak usia 5-6 tahun di TK Jaya Pancur Batu. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini kelas apple yang berjumlah 16 orang anak usia 5-6 tahun. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan triangulasi proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kemandirian anak pada indikator percaya diri menunjukkan 6 orang anak sudah mulai berkembang dan 10 orang anak berkembang sangat baik. 2) kemandirian anak pada indikator memiliki motivasi intrinsic menunjukkan 10 orang anak sudah mulai berkembang dan 6 orang anak berkembang sesuai harapan. 3) kemandirian pada indikator bertanggung jawab menunjukkan 7 anak berkembang dengan baik dan 9 anak sudah mulai berkembang. 4) kemandirian anak pada indikator kreatif dan inovatif menunjukkan 7 orang anak berkembang sesuai harapan dan 9 orang anak berkembang dengan baik. 5) kemandirian anak pada indikator tidak bergantung pada orang lain menunjukkan 2 orang anak belum berkembang, 7 orang anak mulai berkembang dan 7 orang anak berkembang dengan baik.References
Daviq, C. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
Diputera, A. M., Damanik, S. H., Medan, U. N., & Utara, S. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 8(1), 1–12.
Kepala badan standar, K. dan asesmen pendidikan.. (2020). Projek Penguatan profil pelajar pancasila..
Kurniasih, I. (2023). A-Z Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Surabaya: Kata Pena
Listia, W. N. (2024). JOTE Volume 5 Nomor 3 Tahun 2024 Halaman 173-180 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peran Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab , Inggris , Melayu di Ma ’ had An Nikmah Al Islamiyah Phnom Penh. 5, 173–180.
Melinda, V., & Suwardi, S. (2021). Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak Dalam Pembelajaran Di Sentra Seni. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2), 75. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.596
Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Rahmi. (2023). Perkembangan Kemandirian Anak Usia (5-6 Tahun) Di TK AL AMIN Saguling Kawalu Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Yolanda, Wan Nova Lista

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




