PENGARUH KEPEMIMPINAN MENTERI PENDIDIKAN TERHADAP REFORMASI KURIKULUM DI INDONESIA

Authors

  • Ruth Olivia Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Lusiana Sihite Universitas Negeri Medan
  • Sorta Sonya Gultom Universitas Negeri Medan
  • Setia Seriada Dongoran Universitas Negeri Medan
  • Nuraini Lubis Universitas Negeri Medan
  • Sahara Rama Irawan Universitas Negeri Medan
  • Herlina Jasa Putri Harahap Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50250

Keywords:

Menteri Pendidikan, Sistem, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi dan dampak dari kepemimpinan Menteri Pendidikan dalam mengubah kurikulum yang ada di sistem pendidikan Indonesia. Hal ini bertujuan agak khalayak mengerti dan memahami pengaruh-pengaruh apa yang diciptakan oleh perubahan kebijakan dari Menteri Pendidikan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu mengobservasi dan menacari informasi yang akurat terkait pengaruh kepemimpinan menteri pendidikan terhadap reformasi kurikulum di Indonesia. Penelitian ini juga mampu menunjukkan bagaimana sistem pendidikan dan kurikulum berjalan yang memberikan dampak yang besar bagi anak-anak bangsa Indonesia.

References

Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75.

Bormasa, M. F. (2022). Kepemimpinan Dan Efektivitas Kerja (No. 63jsn). Center for Open Science.

Damayanti, A. T., Pradana, B. E., & Putri, B. P. (2023, August). Literature Review: Problematika Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (Vol. 5, pp. 465-471).

Desi Eri Kusumaningrum, dkk, Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013, Jurnal Abdimas Pedagogi, Vol. 1 Nomor 1, Oktober 2017, h. 17

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Simbolon, R. O., Sihite, L., Gultom, S. S., Dongoran, S. S., Lubis, N., Irawan, S. R., & Harahap, H. J. P. (2025). PENGARUH KEPEMIMPINAN MENTERI PENDIDIKAN TERHADAP REFORMASI KURIKULUM DI INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7459–7462. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50250

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.