PENGARUH KEPEMIMPINAN MENTERI PENDIDIKAN TERHADAP REFORMASI KURIKULUM DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50250Keywords:
Menteri Pendidikan, Sistem, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi dan dampak dari kepemimpinan Menteri Pendidikan dalam mengubah kurikulum yang ada di sistem pendidikan Indonesia. Hal ini bertujuan agak khalayak mengerti dan memahami pengaruh-pengaruh apa yang diciptakan oleh perubahan kebijakan dari Menteri Pendidikan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu mengobservasi dan menacari informasi yang akurat terkait pengaruh kepemimpinan menteri pendidikan terhadap reformasi kurikulum di Indonesia. Penelitian ini juga mampu menunjukkan bagaimana sistem pendidikan dan kurikulum berjalan yang memberikan dampak yang besar bagi anak-anak bangsa Indonesia.References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75.
Bormasa, M. F. (2022). Kepemimpinan Dan Efektivitas Kerja (No. 63jsn). Center for Open Science.
Damayanti, A. T., Pradana, B. E., & Putri, B. P. (2023, August). Literature Review: Problematika Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (Vol. 5, pp. 465-471).
Desi Eri Kusumaningrum, dkk, Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013, Jurnal Abdimas Pedagogi, Vol. 1 Nomor 1, Oktober 2017, h. 17
Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ruth Olivia Simbolon, Lusiana Sihite, Sorta Sonya Gultom, Setia Seriada Dongoran, Nuraini Lubis, Sahara Rama Irawan, Herlina Jasa Putri Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




