PEMANFAATAN SPACE-BASED ADS-B DALAM OPTIMALISASI LAYANAN RUANG UDARA PAPUA

Authors

  • Evan Steven Politeknik Penerbangan Indonesia
  • Dian Anggraini Politeknik Penerbangan Indonesia
  • Irvan Irvan Politeknik Penerbangan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46704

Keywords:

ADS-B Berbasis Antariksa, Pengawasan Lalu Lintas Udara, Blank Spot, Optimalisasi Wilayah Udara, Papua.

Abstract

Manajemen lalu lintas udara yang efisien dan aman merupakan tantangan utama dalam sistem navigasi penerbangan, terutama di wilayah geografis yang menantang seperti Papua, yang masih memiliki titik kosong dalam pengawasan lalu lintas udara karena keterbatasan infrastruktur radar berbasis darat. Teknologi Space-Based Automatic Dependent Surveillance – Broadcast (ADS-B) muncul sebagai solusi inovatif dengan jangkauan yang lebih luas dan akurasi tinggi tanpa bergantung pada infrastruktur darat. Studi ini menganalisis pemanfaatan ADS-B Berbasis Antariksa dalam mengoptimalkan layanan wilayah udara Papua, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitasnya, dan mengevaluasi kesiapan penerapannya di Indonesia melalui analisis deskriptif, studi kasus internasional, dan pendekatan statistik. Temuan menunjukkan bahwa teknologi ini memiliki potensi yang signifikan untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi lalu lintas udara karena jangkauan globalnya, akurasi data yang tinggi, dan efisiensi biaya jangka panjang dibandingkan dengan radar berbasis darat. Namun, tantangan tetap ada, termasuk tidak adanya regulasi nasional, biaya operasional yang tinggi, dan kesiapan integrasi dengan sistem manajemen lalu lintas udara yang ada. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan regulasi nasional, analisis biaya-manfaat yang lebih mendalam, perbaikan infrastruktur komunikasi, dan pelatihan sumber daya manusia untuk memastikan penerapan ADS-B berbasis antariksa secara optimal, menjadikannya solusi utama dalam meningkatkan keselamatan penerbangan dan mendukung sistem pengawasan udara yang lebih efisien di Indonesia.

References

Afifah, T., Hendra, O., & Aziz, M. R. K. (2024). Blank spot area analysis using ADS-B framework: An Indonesia international airport case study. IEEE Aerospace and Electronic Systems Magazine, 39(8), 4–17.

Ahmed, H., Khan, H., & Khan, M. A. (2023). A survey on security and privacy of Automatic Dependent Surveillance - Broadcast (ADS-B) protocol: Challenges, potential solutions and future directions. https://doi.org/10.36227/techrxiv.23535726.v1

Aireon LLC. (2024, Desember 5). Civil Aviation Authority of the Philippines to use Aireon data for air traffic surveillance. Aireon. https://aireon.com/civil-aviation-authority-of- the-philippines-to-use-aireon-data-for-air-traffic-surveillance/

Aireon LLC. (2024, Desember 5). France’s DSNA to use Aireon’s space-based ADS-B data for Cayenne FIR. Aireon. https://aireon.com/frances-dsna-to-use-aireons-space-based- ads-b-data-for-cayenne-fir/

Aireon LLC. (2020, November 27). Papua New Guinea renews contract with Aireon for space- based ADS-B. Aireon. https://aireon.com/papua-new-guinea-renews-contract-with- aireon-for-space-based-ads-b/

Aireon. (2021). Space-Based ADS-B Overview. Aireon. AirNav Indonesia. (2012). Profil AirNav Indonesia.

Baruta, I. (2018). Disruptive innovation in an institutionalized environment: Space-based ADS-B in the air traffic management industry. Retrieved

Batubara, F. D., Gultom, R. A. G., & Bura, R. O. (2020). Desain konseptual integrasi sistem drone/UAV dan sensor radar pasif sebagai fungsi situasional blank spot filler sistem radar pertahanan udara (Studi: Satuan Radar 211 Tanjung Kait). Jurnal Teknologi Penginderaan, 2(1), 1–30.

Creswell, J. W. (2010). Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3rd ed.).

Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Dalimunthe, R. S. A. A. B., & Rosmayanti, L. (2024). Pengaruh Air Traffic Service Surveillance System terhadap pelayanan lalu lintas penerbangan di AirNav Indonesia Cabang Medan. Jurnal Science and Social Research, 7(4), 1664–1675.

Diklatkerja. (2023). Tragedi Penerbangan Trigana Air Service 267: Kecelakaan Mematikan di Papua dan Tantangan Navigasi Udara. https://www.diklatkerja.com/blog/tragedi- penerbangan-trigana-air-service-267-kecelakaan-mematikan-di-papua-dan-tantangan- navigasi-udara

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. (2002). Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/113/VI/2002 tentang Kriteria Penempatan Fasilitas Elektronika dan Listrik Penerbangan. Jakarta.

Garcia, M. A., Dolan, J., & Hoag, A. (2017, April). Aireon’s initial on-orbit performance analysis of space-based ADS-B. In 2017 Integrated Communications, Navigation and

Surveillance Conference (ICNS) (pp. 4A1-1–4A1-8). IEEE. https://doi.org/10.1109/ICNSURV.2017.8011919

Harianto, B. (2019). Studi eksperimental penerima ADS-B menggunakan RTL 1090 dan RTL- SDR R820T2 di Bandara Juanda Surabaya. Jurnal Penelitian, 4(3), 20–28. https://doi.org/10.46491/jp.v4e3.346.20-28

ICAO. (2021). Global Navigation Satellite System (GNSS) and Surveillance. International Civil Aviation Organization.

International Civil Aviation Organization. (2014). Annex 10 - Aeronautical Telecommunications - Volume IV: Surveillance Radar and Collision Avoidance Systems (Edisi ke-5). https://store.icao.int/en/annex-10-aeronautical-telecommunications- volume-iv-surveillance-radar-and-collision-avoidance-systems

International Civil Aviation Organization. (2024). Annex 2: Rules of the Air (Edisi ke-11). https://store.icao.int/en/annex-2-rules-of-the-air

INDOTIPIKOR. (2024). AirNav Indonesia sebagai satu-satunya BUMN pengelola layanan navigasi penerbangan di Indonesia.com.

International Civil Aviation Organization. (2024). Annex 2: Rules of the Air (Edisi ke-11). https://store.icao.int/en/annex-2-rules-of-the-air

International Civil Aviation Organization. (2019). Global Air Navigation Plan (Edisi ke-6). https://www.icao.int/airnavigation/Pages/GANP.aspx

International Civil Aviation Organization. (2014). Annex 10 to the Convention on Aeronautical Telecommunications, Volume IV – Surveillance Radar and Collision Avoidance Systems (5th ed.). Montreal, Canada: ICAO.

International Civil Aviation Organization. (2018). Annex 10 to the Convention on International Civil Aviation: Aeronautical Telecommunications. ICAO.

International Civil Aviation Organization. (2018). Annex 11 – Air Traffic Services (1st ed.).

Montreal, Canada: ICAO.

International Civil Aviation Organization. (2022, February). Global Aeronautical Distress and Safety System (GADSS) Virtual Workshop, 8–10 February.

International Civil Aviation Organization. (2024). Annex 2 to the Convention on International Civil Aviation: Rules of the Air. Montreal, Canada: ICAO.

Intersoft Electronics. (2021). Communication Blank Spot and Its Impact. Intersoft Electronics. Intersoft Electronics. (2021). Radar Analysis Support System (RASS) Overview. Intersoft

Electronics.

Intersoft Electronics. (2021). Radar Analysis Support System (RASS) for Sites. Intersoft Electronics.

Intersoft Electronics. (2021). Radar Analysis Support System (RASS) Real-time Tools.

Intersoft Electronics.

Intersoft Electronics. (2023). Radar Analysis Support System (RASS) Technical Overview. https://intersoft-electronics.com/rass-technical-overview

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2013 tentang Penyediaan Pelayanan Navigasi. Jakarta.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Steven , E., Anggraini, D., & Irvan, I. (2025). PEMANFAATAN SPACE-BASED ADS-B DALAM OPTIMALISASI LAYANAN RUANG UDARA PAPUA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5524–5538. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46704

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.