PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA (STUDI SURVEI DI SEKOLAH SMA AL – JIHAD JAKARTA)

Authors

  • Nizar Alfarisi Universitas Islam Jakarta
  • Maryam Sulaeman Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49307

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar.

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Keberhasilan suatu bangsa dalam menghadapi tantangan global sangat bergantung pada seberapa baik sistem pendidikannya. Dengan pendidikan yang baik, akan lahir generasi yang cerdas, berkarakter, dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa SMA Al-Jihad Jakarta. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional, sampel sebanyak 37 siswa dipilih dari 185 populasi melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil menunjukkan korelasi sebesar 0,143 atau 14,31%, yang tergolong sangat lemah dan tidak signifikan secara statistik. Faktor-faktor seperti motivasi belajar, dukungan orang tua, kemampuan kognitif, dan kualitas pembelajaran lebih dominan memengaruhi hasil belajar. Meskipun pengaruhnya rendah, lingkungan sekolah tetap perlu diperhatikan sebagai bagian dari pendidikan yang holistik.

References

Adiyana Adam, A., & Noviyanti Soleman, S. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 10(1), 57-70.

Ahdar Djamaluddin, Belajar Dan Pembelajaran (Sulawesi Selatan: Cv Kaffah Learning Center, 2019), Hal. 6.

Anisa. (2022). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Di Smp Negeri 2 Rupat Kabupaten Bengkalis. Jurnal Tafidu, 1(1). Https://Doi.Org/10.57113/Jtf.V1i1.178

E Mulyasa, Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013 (Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2013), Hal. 53.

Hasnawati. (2020). Akhlak Kepada Lingkungan. Jurnal Pendais, 2(2).

Indriani Kurniawati, Wina Silvya, Dan Herlini Puspika Sari, ―Pemikiran Al-Ghazali Tentang Filsafat Pendidikan Islam Dan Pembentukan Karakter : Relevansinya Untuk Masyarakat,‖ Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 18.2 (2023), 1–15 (Hal. 9).

Mokh. Iman Firmansyah, ―Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi,‖ Pendidikan Agama Islam- Ta’lim, 17 (2019), Hal. 83.

Muhammad Akbar Nasriruddin Dan Hariany Idris, ―Pengaruh Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Smk Negeri 1 Sinjai,‖ Journal Of Social Science And Character Education, 1.1 (2022), 1–6 (Hal. 2) .

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: Rajawali Pers, 2007), Hal. 185.

Muhammad Anggana Galih Pratama, Fahmi Alfianto, Nilam Khoirotus Sa’adah, & Muhammad Miftahul Kamal. (2023). Teknik Penilaian Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (Jurdikbud), 3(3). Https://Doi.Org/10.55606/Jurdikbud.V3i3.2182

Muhtadi, R. (2020). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Agama, 19(1), 103-115.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2017), Hal. 39.

Nur Faizah Maulida, Firdaus Suhaimy, Nadiah -Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Survei Sma Bina Pangudi Luhur Jakarta) (2024)

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1). Https://Doi.Org/10.52005/Belaindika.V2i1.24

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar (Surakarta: Pustaka Belajar, 2009), Hal. 54.

Rahman, W. B. A. (2020). "Lingkungan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al Qur’an." Alashriyyah, 6(1), 1–21.

Rasmayanti, Y. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembangunan, 15(3), 145-158.

Sahri, F. I. (2018). Pengertian Dan Penilaian Hasil Belajar Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 21-34.

Syaiful Bahri, Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2011), Hal. 175.

Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2004). Metode Penelitian Sugiyono 2019. Metode Penelitian.

Ulfah, & Opan Arifudin. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (Jaa), 2(1).

Waheeda Bt Abdul Rahman, ―Lingkungan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al Qur’an,‖ Alashriyyah, 6.01 (2020), 1–21 (Hal. 10).

Wulandari, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 85-98.

Downloads

Published

2025-08-07

How to Cite

Alfarisi, N., & Sulaeman, M. (2025). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA (STUDI SURVEI DI SEKOLAH SMA AL – JIHAD JAKARTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 6978–6986. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49307

Similar Articles

<< < 44 45 46 47 48 49 50 51 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)