PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM FILM RANAH 3 WARNA KARYA SUTRADARA GUNTUR SOEHARJANTO

Authors

  • Putri Suci Apriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Loliek Kania Atmaja Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elyusra Elyusra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ira Yuniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49304

Keywords:

Gaya Bahasa, Stilistika, Film, Ranah 3 Warna, Analisis Kualitatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi gaya bahasa yang digunakan dalam film Ranah 3 Warna karya sutradara Guntur Soeharjanto. Film ini dipilih karena selain memiliki kekuatan naratif, juga menyuguhkan penggunaan bahasa yang kaya akan unsur stilistika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika. Data berupa dialog dan narasi yang mengandung gaya bahasa dikumpulkan melalui dokumentasi dan dianalisis berdasarkan teori gaya bahasa Keraf (2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film ini terdapat lima jenis gaya bahasa, yaitu: personifikasi (3 data), hiperbola (13 data), metafora (14 data), perumpamaan/simile (3 data), dan eufemisme (5 data). Gaya-gaya bahasa tersebut berperan penting dalam membangun karakter, memperkuat pesan moral, serta menciptakan kedalaman emosional dalam film. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan gaya bahasa dalam film tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai sarana ekspresi artistik yang memperkaya makna cerita dan meningkatkan daya tarik estetika film. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam pengembangan kajian stilistika dan pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam memahami makna dan fungsi gaya bahasa dalam media visual.

References

Alwan Husni Ramdani. (2020). Analisis Semiotika. Skripsi,Tesis,Disertasi (S1), 53(9), 1689–1699. http://repository.upi.edu/id/eprint/26982

Febriansyah, Y. (2015). Kajian Visual Drama. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Eva Nurmala, & Nabila Islamia Nazla Hambali. (2023). Penggunaan Gaya Bahasa Indonesia Dalam Film Habibie Dan Ainun 2012. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(1), 106–113. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i1.1146

Gunawan, I. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT Bumu Aksara.

Hadi, S. (2019). Manajemen Sarana dan Prasaran Penjasorkes di SD Negeri Kota Bengkulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 57.

Hoed. B. H. (2014). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Depok:Komunitas Bambu.

Ii, B. A. B., & Teori, L. (2008). BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Film 2.1.1 Pengertian Film.

Jurnal, T., Lase, M. S., Ndruru, M., Halawa, N., & Bawamenewi, A. (2024). Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM DIALOG FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA KARYA WIRAPUTRA BASRI. 12(2), 327–337.

Kurniawati, N., Fathurrohman, I., & Roysa, M. (2022). Analisis Semiotika Budaya Jawa Tengah pada Film Mangkujiwo Karya Azhar Kinoi Lubis. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.56916/bip.v1i1.217

Lexy J. Moleong, M. A (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Masdudi, I. (2011). Mengenal Dunia Film. Jakarta Barat:Multi Kreasi Satudelapan.

Meisintia. (2021). Gaya Bahasa dalam Novel Bukan Nikah Biasa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Novera, E. S., Putriana, I. I., & Nurjanah, L. F. (2024). Penggunaan Gaya Bahasa Pada Tokoh Dalam Film “Mencuri Raden Saleh.” LAYAR: Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam, 10(1), 21. https://doi.org/10.26742/layar.v10i1.3103

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta; Homerian Pustaka.

Rahmania, N., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Kalimat Turunan Plural Bertingkat Hasil Gabungan Dua Klausa dalam Naskah Pidato Kenegaraan Presiden RI 2020. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 149–157. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i2.6194

Rohman, M. A. (2024). Gaya Bahasa Dalam Novel the Lady of the Lake Karya Sir Walter Scott. CALAKAN: Jurnal Sastra, Bahasa, dan Budaya, 2(1), 48–56.

Sari, Y. P., Missriani, M., & Wandiyo, W. (2021). Analisis Gaya Bahasa Dalam Film Dilan 1990 Karya Pidi Baiq. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 11(1), 10–16.

https://doi.org/10.31851/pembahsi.v11i1.4317

Setiawati Ambarul Fatima, Dara Mela Ayu, Sinta Wulandari, & dan Vita Agustiawati Putri. (2021). Analisis Gaya Bahasadalam Lirik Lagu “Bertaut” Nadin Amizah: Kajian Stilistika. Jurnal Penelitian Humaniora, 26(1), 26–37.

Setiyaningsih Ika. (2019). Ragam Gaya Bahasa. PT Penerbit Intan Pariwara.

Siany L. Atiek Catur B. (2009). Khazanah ANTROPOLOGI untuk Kelas XI 1 SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Sobur, A. (2004). Alex Sobur, Analisis Teks Media, (Bandu ng: PT Remaja Rosdakarya, 2004), hal. 95-96. 14. 14–39.

Trianton, T. (2013). Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wicaksana, A. (2016). Metode Penelitian. Https://Medium.Com/, 18–21. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wulan, S. N. (2017). Peran Kultur Sekolah dalam Membagun Motivasi Berprestasi Siswa di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 41–51.

Zahid, A. (2021). Representasi Budaya Dalam Film Sang Pencerah Dan Sang Kiai Berdasarkan Sudut Pandang Max Weber. Mediakita, 4(2). https://doi.org/10.30762/mediakita.v4i2.2620

Downloads

Published

2025-08-07

How to Cite

Apriani, P. S., Atmaja, L. K., Elyusra, E., & Yuniati, I. (2025). PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM FILM RANAH 3 WARNA KARYA SUTRADARA GUNTUR SOEHARJANTO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 6994–7000. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49304

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.