KUALITAS KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAS KRISTEN YHS MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49077Keywords:
Kualitas Komunikasi, Komunikasi Guru, Partisipasi Siswa, Kegiatan Ekstrakurikuler, Hubungan InterpersonalAbstract
Kualitas komunikasi antara guru dan siswa memainkan peran penting dalam mendorong keterlibatan siswa, khususnya dalam kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pembentukan karakter, minat, dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kualitas komunikasi guru memengaruhi partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMAS Kristen YHS Makassar. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap guru pembina dan siswa aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas komunikasi yang meliputi kejelasan pesan, empati, keterbukaan, serta dukungan emosional berdampak langsung terhadap motivasi dan partisipasi siswa. Guru yang mampu membangun hubungan interpersonal positif dengan siswa menciptakan lingkungan yang mendukung keterlibatan aktif. Temuan ini menegaskan bahwa kualitas komunikasi guru bukan hanya sebagai sarana penyampaian informasi, tetapi juga sebagai faktor strategis dalam keberhasilan pembinaan kegiatan nonakademik di sekolah.References
DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book (14th ed.). Pearson Education.
Hasanah, U. (2021). Pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 87–96.
Hu, X., & Wang, L. (2023). Teacher immediacy and students’ affective engagement in EFL classrooms. Journal of Language and Education, 9(1), 45–58.
Irawan, B., & Lestari, R. (2022). Komunikasi nonverbal guru dalam menciptakan kenyamanan belajar siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 10(1), 23–31.
Kusuma, R., & Fadhilah, N. (2022). Komunikasi empatik guru dan partisipasi siswa dalam kegiatan sekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(2), 110–120.
Liu, Y. (2021). Teacher immediacy and student motivation: A systematic review. International Journal of Educational Research Review, 6(1), 1–12.
Marlina, S. (2020). Strategi komunikasi guru dalam pembinaan ekstrakurikuler di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(3), 77–84.
Rakhmawati, T. (2021). Komunikasi pendidikan dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Ilmu Komunikasi Pendidikan, 6(1), 45–52.
Rosadi, D. (2021). Efektivitas komunikasi edukatif guru di lingkungan sekolah. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 9(2), 132–141.
Safitri, N., & Ramli, Y. (2020). Hambatan komunikasi dalam pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Komunikasi, 7(2), 60–68.
Siregar, L. (2021). Komunikasi inklusif guru dalam meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Komunikasi Sosial, 3(2), 89–97.
Song, M. (2022). Teacher enthusiasm and student boredom in online classrooms. Educational Studies in Asia, 15(2), 55–70.
Sudjana, D. (2016). Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Remaja Rosdakarya.
Wulandari, R. (2023). Peran kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 30–41.
Yuan, S., Li, F., & Chen, W. (2024). Teacher–student rapport and student engagement: The role of immediacy. Asia Pacific Education Review, 25(1), 75–90.
Yusuf, A. (2023). Komunikasi guru dalam membentuk kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Anak, 5(1), 22–30.
Wang, J., & Kang, H. (2023). Empathy in education: Exploring the effects of teacher empathy on student engagement. Journal of Educational Psychology
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jessica Iring Allo, Adella Angreni , Putri Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




