KARAKTERISTIK DAN KINERJA UMKM SEKTOR PARIWISATA PELAKU UMKM DI KABUPATEN TAPANULI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49015Keywords:
UMKM, Pemasaran Digital, Produktivitas Kerja, Inovasi Digital, Tapanuli UtaraAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama perekonomian Indonesia, namun masih menghadapi tantangan besar dalam mengadopsi teknologi digital, khususnya dalam strategi pemasaran dan peningkatan produktivitas UMKM khususnya pada kawasan pariwisata Tapanuli Utara. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan karakteristik demografis serta mengevaluasi kinerja usaha, kemampuan jaringan, produktivitas pekerja, inovasi digital, dan keterampilan digital pelaku UMKM sektor pendukung pariwisata di Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei terhadap 100 pelaku UMKM yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan mencakup lima kelompok indikator dan dianalisis secara deskriptif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pelaku usaha adalah laki-laki (81%), dengan dominasi usaha mikro (96%) dan 57% telah memiliki legalitas formal. Dari sisi kinerja, aspek sosial dan lingkungan memperoleh skor tertinggi, mencerminkan kepedulian terhadap pelanggan, masyarakat, dan lingkungan. Kemampuan jaringan, terutama dalam komunikasi dan selektivitas mitra, tergolong cukup baik (rata-rata skor di atas 3,7), meskipun pelibatan karyawan dalam pemecahan masalah masih perlu ditingkatkan. Produktivitas kerja tercermin dari komitmen tinggi dalam menyelesaikan tugas, penempatan SDM berdasarkan keahlian, dan kerja tim yang solid (skor rata-rata 3,82–3,85). Adopsi inovasi digital, termasuk penggunaan QRIS, media sosial, dan pengelolaan toko daring, telah dimulai, namun belum sepenuhnya optimal. Skor keterampilan digital menunjukkan fondasi yang kuat, namun masih dibutuhkan pelatihan lanjutan untuk adaptasi teknologi secara berkelanjutan.References
Adrianto, Marini, Y., Riady, Y., Wibowo, S., Mubarak, H., & Susanti. (2023). OPTIMALISASI BRANDING BUDAYA DAN EKOWISATA PULAU SAMOSIR DESA SIALLAGAN.
Auliyah, D., & Legowo, M. (2022). Nomor Induk Berusaha Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Universitas Negeri Surabaya, 2022, 49.
APJII. (2024). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia - Survei. Apjii.or.id. https://survei.apjii.or.id/?utm_source=chatgpt.com
Arwani, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pengusaha Batik Kelurahan Banyurip Pekalongan Dengan Pendekatan Marketing Mix Berbasis Syariah. Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 42. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1345
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Psycnet.apa.org. https://psycnet.apa.org/record/1997-08589-000
Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 99–120. https://doi.org/10.1177/014920639101700108
Becker, G. S. (1964, January). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis with Special Reference to Education, First Edition. Www.nber.org. https://www.nber.org/books-and-chapters/human-capital-theoretical-and-empirical-analysis-special-reference-education-first-edition
Berghaus, S., & Back, A. (2016). Stages in Digital Business Transformation: Results of an Empirical Maturity Study. MCIS 2016 Proceedings. https://aisel.aisnet.org/mcis2016/22
Chaffey, D. (2022, February 3). Chaffey, Digital Marketing, 8th Edition. Www.pearson.com. https://www.pearson.com/se/Nordics-Higher-Education/subject-catalogue/marketing/Chaffey-Digital-Marketing-8e.html
Dasgupta, K. (2016). The missing middle in developing countries revisited. Indian Growth and Development Review, 9(1), 32–52. https://doi.org/10.1108/igdr-11-2015-0048
Deming, W. E. (1986). Out of the crisis. Cambridge, MA Center for Advanced Engineering Study, Massachusetts Institute of Technology. - References - Scientific Research Publishing. Www.scirp.org. https://www.scirp.org/reference/ReferencesPapers?ReferenceID=590925
Dessler, G. (2020). Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson. - References - Scientific Research Publishing. Www.scirp.org. https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=3598124
Desyanti, N. L. P. K., & Sushanti, S. (2024). 56 | G L O B A L M I N D -V O L . 6 N O . 2 PERAN WOMEN IN TOURISM INDONESIA SEBAGAI AKTOR.
DiMaggio, P., & Powell, W. W. (2000, July 20). “The Iron Cage Revisited: Isomorphism in Organizational Fields.” ResearchGate; unknown. https://www.researchgate.net/publication/224892279_'The_Iron_Cage_Revisited_Isomorphism_in_Organizational_Fields'
DNTG. (2024). Data Nasional Terpilah Gender Keuangan Inklusif Semester I Tahun 2024 – Dewan Nasional Keuangan Inklusif. Snki.go.id. https://snki.go.id/data-nasional-terpilah-gender-keuangan-inklusif-semester-i-tahun-2024/
Elkington, J. (1997). Cannibals with Forks The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Capstone, Oxford. - References - Scientific Research Publishing. Www.scirp.org. https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=2092269
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Binsar Marulitua Simatupang, Musthafa Haris Munandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




