ANALISIS KRITIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Nita Zakiah Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48838

Keywords:

Media Digital, Bahasa Arab, Perguruan Tinggi

Abstract

Dosen merupakan ujung tombak pelaksana pendidikan. Keberhasilan seorang dosen dalam melaksanakan tugasnya merupakan cerminan dari kinerja dosen, dan hal tersebut terlihat dari aktualisasi kompetensi dosen dalam merealisasikan tugas profesinya. Pencapaian tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar merupakan tugas utama seorang pendidik. Salah satunya dengan menggunakan media digital dalam kegiatan perkuliahan bahasa arab sebagai suatu pendekatan/model pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada mahasiswa. Penyajian tulisan ini didasarkan pada analisis data kepustakaan dengan model analisis deskriptif. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Penerapan media pembelajaran digital dapat dimanfaatkan sebagai penunjang dalam proses dan hasil pembelajaran, begitu juga pada pengajaran bahasa arab. Terdapat beberapa media pembelajaran digital yang bisa digunakan seperti: aplikasi  pembelajaran  Bahasa  Arab  interaktif,  video tutorial,  atau  materi  berbasis  audio visual, Quizizz, Padlet, Audacity, text to voice dan lain-lain. Mahasiswa merasa tertarik, antusias dan senang ketika mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media digital. Selain itu, terdapat tantangan pembelajaran digital mencakup kesenjangan akses teknologi, kesiapan dosen, perubahan pola belajar mahasiswa, keamanan data, dan ketergantungan pada teknologi.

References

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Asari, A., Arifin, A. H., Lubis, M. A., Ismunandar, A., Ashari, A., Agniya, U., Ayunda, W. A., & Pramudyo, G. N. 2023. Manajemen E-Resource. Mafy Media Literasi Indonesia.

A Ismunandar, integrasi interkoneksi profesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter, Ta'lim 4 (Universitas muhammadiyah Lampung), 34-49.

A Ismunandar, Paradigma Pengembangan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 1 (1), 45-57

AP Rini, Implikasi era revolusi industry 4.0 terhadap pengembangan kemampuan sumber daya manusia di perguruan tinggi, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7 (2), 4831-4837.

Bambang Syahril, 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Briant, K. A., Gray L. A., Gallegos P.B., 2005. Performance Theories in Education. Power, Pedagogy and the Politics of Identity. London: Lawrence Erlbaum Associates, Pulicher (LEA).

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.

E. Mulyasa. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Greenier, V. T. 2020. The 10Cs of Project-Based Learning TESOL Curriculum. Innovation in Language Learning and Teaching, 14(1), 27–36. https://doi.org/10.1080/17501229.2018.1473405

H. Hasan, A.. Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jurnal Al Qiyam, Vol 3 (2), 214-222, 2022. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i2.285.

Ismunandar, A. "Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat". Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 205-219. 2020. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.

Ismunandar, A. "Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter". Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 34-49. 2022. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.751.

Ismunandar, A. The Application of Holistic Education as a Model for Integrating Spiritual, Intellectual, and Emotional Growth at MA Darul Ishlah Tulang Bawang: Penerapan Pendidikan Holistik. Zawayatul Fikr: Journal of Islamic Education 1 (1), 25-36.

Jones, F. Mazda & Lord, S. 2006. Developing Effective Teacher Performance. London: Sage Publication Inc.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustafiqul Hilm, dkk., Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Pengajaran Bahasa Arab, ICONITIES (International Conference on Islamic Civilization and Humanities), Faculty of Adab and Humanities, UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia July 27th, 2023.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Landasan Prikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nazara, D. S., Se, M. M., Casriyanti, S. P., Fauzi, H., Trianto, E., Arif Ismunandar, M. M., Raule, J. H., Kes, S. K. M. M., Syamsuddin, A. R., & Jamil, I. M. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia” Teoritis Dan Praktis”. Cv. Mitra Cendekia Media.

Priansa, D.J. 2019. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif,. Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka. Setia.

Pimada, L. H., & Muhammad Afif Amrulloh. (2020). Penerapan Media Elektronik Pada Pembelajaran Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 120–128. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.819

Rachman Natawijaya. 2006. Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jatinangor: Alqaprint.

Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press. Saputra, H., Rama, B., & Rasyid, M. R. (2023). Lembaga Pendidikan Sekolah dan Madrasah (Pembaharuan Metode Dan Sistem Pendidikan). JIPKL: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 3(1), 14–24.

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, 202–213

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, Jakarta: Bumi Aksara.

Soewadji Lazaruth. 1994. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Yogyakarta: Kanisius, cet. VI.

Sudarwan. 2003. Menjadi Komunitas Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

Tabrani Rusyan dkk. 2000. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV. Dinamika Karya Cipta.

T. Muntoha, CE Wulandari, Effective Strategies for Second Language Acquisition: The Role of Educational Management in Improving Learning Quality, International Journal of Language and Culture 1 (2), 32-38.

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Yamin, Martinis. 2009. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Tim Gaung Persada Press. Jakarta.

Zakiah Daradjat. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Zakiah, N. (2025). ANALISIS KRITIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6798–6805. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48838

Similar Articles

<< < 16 17 18 19 20 21 

You may also start an advanced similarity search for this article.