PENGARUH MEDIA KINCIR ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 01 MEDAN T.A 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48651Keywords:
Anak Usia Dini, Media Kincir Angka, Kemampuan Berhitung PermulaanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kincir angka terhadap kemampuan berhitung permulaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Medan T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain pre- experimental design dengan tipe one group pretest dan posttest design. Sampel dalam penelitin ini sebanyak 13 anak, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis statistik yang digunakan uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berhitung permulaan antara sebelum dan setelah di berikan perlakuan. Peningkatan ini terlihat pada dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Rata -rata nilai pretest 3,62 dan nilai rata-rata posttest 6,32. Hasil analisis data yang diperoleh penelitian ini menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya adanya pengaruh media kincir angka terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Medan.References
Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.
Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2022). Perkembangan Kognitif anak usia dini: Teori dan Aplikasinya.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya.Kencana Prenadamedia Group.
Deslegina, D., & Hatiningsih, N. (2022). Meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini melalui media permainan puzzle. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(3).
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
Oktaviana, R., & Apriani, T. (2023). Psychoeducational Origami Ferris Wheel Improves Motor Skills of Autistic Children Slb Autis Harapan Mandiri Palembang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2602-2608.
Harpini, H., Amalia, R., Asilestari, P., Zulfah, Z., & Yusnira, Y. (2024). Upaya meningkatkan kognitif anak dengan media kincir angka di tk maya permata penyasawan pada usia 4-5 tahun. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 357-368.
Hutasoit, S., & Handayani, P. H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Roulette Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun TK Pelangi Medan TA 2023/2024. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 8(2).
Nurhaliza, A. N., Violita, Y., Hasanah, M. R., & Indryani, I. (2023). Penggunaan alat permainan edukatif ape robot pintar dalam meningkatkan pembelajaran kognitif di tk islam al-falah kota jambi. Jurnal PAUD Emas, 2(2), 28-35.
Nabila, N., & Basri, M. (2023). Permainan Kincir Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9641-9647.
Sugiyono, (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta).
Winarsunu, T. (2017). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (Vol. 1). UMMPress.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Hariyanti Manurung, Wan Nova Listia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




