PENGGUNAAN PERMAINAN ESTAFET UNTUK BELAJAR LARI CEPAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 064969

Authors

  • Rizqina Katsiroh Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Holijah Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Rahmadani Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hasibuan3 Suyono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48285

Keywords:

Permainan Estafet, Lari Cepat, Sekolah Dasar.

Abstract

Di sekolah dasar, pendidikan olahraga, olahraga, dan kesehatan (PJOK) sangat penting untuk pertumbuhan fisik anak-anak Melalui aktivitas seperti olahraga dan senam, anak-anak dilatih untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar dan halus, memperkuat otot dan tulang, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegunaan permainan estafet untuk belajar lari cepat di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap 22 siswa SD yang sesuai dengan kriteria tema penelitian di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan estafet membantu siswa lari cepat di sekolah dasar. Permainan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik seperti kecepatan, koordinasi, dan keterampilan motorik, tetapi juga menanamkan nilai karakter seperti kolaborasi, tanggung jawab, disiplin, dan solidaritas. penelitian ini juga memiliki tujuan jangka panjang, yaitu sebagai dasar atau rujukan bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan model pembelajaran jasmani berbasis permainan

References

Fadilani, A. U. (2023). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyah Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.

Gunanda, M. R., Amirzan, A., & Sumarjo, S. (2025). PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI SPRINT MENGGUNAKAN MEDIA BEBAN PADA SISWA SMP NEGERI 1 TANGSE. Sport Health Education: Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Reakreasi, 3(1).

Irawati, A. P. (2019). METODE PERMAINAN ESTAFET CAPING RAMAYANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR CERITA RAMAYANA PEKSI JATHAYU. Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA, 2(14), 206-220.

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Manalu, B. O., Setiawan, D., Gulo, C. S. S., Gulo, B., & Gulo, J. S. P. (2025). Penggunaan Aktivitas Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Anak-Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 13(1), 28-39.

Marpaung, D. P. B., Suryadi, H. S., Ardiansyah, L. T., & Iqbal, M. (2024). Peran kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan keterampilan sosial siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3408-3416.

Megantara, B. A., Thazqia, F. M., Wahid, Z. A., Pribadi, R., Mentari, A. G., Rahmah, A. S., & Tarigan, B. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP LIFE SKILLS. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 92-106.

NURHAKIM, L., PUTRI, F. A., & HIDAYANTI, S. (2024). PENERAPAN MEDIA ESTAFET KARTU MATERI GOTONG ROYONG PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENGEMBANGKAN PSIKOMOTORIK PADA ANAK KELAS V SDN DARAMISTA II. Jurnal Keislaman Terateks, 9(2), 69-74.

Rahmawati, K. A., Nurlia, R., Oktavia, R., Ihsani, V. N. A., & Hafiza, N. D. (2024). Peran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Pembentukan Karakter dan Perkembangan Gerak Anak Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2741-2749.

Ramadhani, D., Rochman, C., & Hadi, S. R. (2024). Permainan Estafet Bola Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Atletik Materi Lari 60 Meter Pada Siswa Smp Negeri 3 Waru. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(1), 96-99.

Rian, R., Ahmad, A., Taslim, T., & Hidayat, R. (2025). SURVEI SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMPN 12 PALOPO. Jurnal Porkes, 8(1), 405-419.

Riki, R., & Sitompul, S. R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Lari Sprint 100 Meter. SEMNASFIP.

Rusdin, R., Salahudin, S., Rudiansyah, E., Saputra, R., & Furkan, F. (2023). Peran Kepemimpinan Dalam Olah Raga Untuk Membangun Nilai Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 10(2), 90-106.

Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., & Ramos, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478-488.

Setiorini, R. S. (2025). Pendekatan Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Efektif Untuk Meningkatkan Teknik Lari Jarak Pendek Di SDN Perak Barat VI Surabaya. Paradigma: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 11(1), 31-46.

Sevtianto, R. D., Santi, A. U. P., & Taznim, T. (2024). Meningkatkan Pembelajaran Gerak dasar Berguling dengan Menggunakan Media Matras Puzzle dalam Pembelajaran Pjok pada Siswa Kelas 1 di MI Muhammadiyah Semanu. SEMNASFIP.

Sobarna, A., & Hambali, S. (2020). Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD melalui pembelajaran Kids atletik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 72-80.

Subekti, M. R. (2024, December). Peran Mental Toughness Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Mental Peserta Didik (pp. 158-174).

Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198-211.

Yuliandra, R., Gumantan, A., & Pratomo, C. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dengan Model Permainan Ladder. J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 7(4), 4190-4198.

Yunarta, A., & Ardana, A. (2024). Kreativitas Guru PJOK dalam Mengatasi Keterbatasan Sarana dan Prasarana Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kabuh. MUTIARA PGSD, 1(2), 75-82.

Yuwono, D. C., Setiawan, I., & Sagitarius, A. P. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Melalui Modifikasi Media Pembelajaran Siswa Kelas 3 SDN Jagalan 1 Kota Kediri. NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan, 3(02), 158-167.

Zulhaq, R. G., Priyati, P., & Widodo, A. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pola Gerak Dasar Berlari Menggunakan Metode Permainan Estafet Pada Siswa Kelas IV SDN Sendangmulyo 03 kecamatan Tembalang kota Semarang. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 1103-1110.

Zulhaq, R. G., Priyati, P., & Widodo, A. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pola Gerak Dasar Berlari Menggunakan Metode Permainan Estafet Pada Siswa Kelas IV SDN Sendangmulyo 03 kecamatan Tembalang kota Semarang. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 1103-1110.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Hasibuan, R. K., Siregar, S. H., Hasibuan, S. R., & Suyono, H. (2025). PENGGUNAAN PERMAINAN ESTAFET UNTUK BELAJAR LARI CEPAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 064969. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6667–6676. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48285

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)