PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS KINERJA GURU BAHASA INDONESIA: ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI DI SEKOLAH

Authors

  • Soca Anggraini STAINU Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47459

Keywords:

Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru

Abstract

Salah satu bentuk tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin yang diterapkan oleh kepala sekolah di lembaga pendidikan yaitu kegiatan supervisi kepala sekolah. Kegiatan supervisi bagi kepala sekolah berfungsi untuk mengawasi, membangun, mengkoreksi dan mencari inisiatif terhadap jalannya seluruh kegiatan pendidikan yang dilaksanakan di lingkungan sekolah. Penyajian tulisan ini didasarkan pada analisis data kepustakaan dengan model analisis deskriptif. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kinerja guru Bahasa Indonesia yang baik tentunya tergambar pada penampilan mereka baik dari penampilan kemampuan akademik maupun kemampuan profesi menjadi guru artinya mampu mengelola pengajaran di dalam kelas dan mendidik siswa di luar kelas dengan sebaik-baiknya. Upaya untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya guru dapat dilaksanakan dengan berbagai teknik supervisi. Jika supervisi dilaksanakan oleh kepala sekolah, maka ia harus mampu melakukan berbagai pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja guru bahasa indonesia. Pengawasan dan pengendalian ini merupakan control agar kegiatan pendidikan di sekolah terarah pada tujuan yang telah ditetapkan. Pengawasan dan pengendalian juga merupakan tindakan prefentif untuk mencegah agar tenaga kependidikan tidak melakukan penyimpangan dan lebih berhati-hati dalam melaksanakan pekerjaannya.

References

Asari, A., Arifin, A. H., Lubis, M., A., Ashari, A., Agniya, U., Ayunda, W. A., & Pramudyo, G. N. 2023. Manajemen E-Resource. Mafy Media Literasi Indonesia.

A Ismunandar, integrasi interkoneksi profesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter, Ta'lim 4 (Universitas muhammadiyah Lampung), 34-49.

A Ismunandar, Paradigma Pengembangan Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan) 1 (1), 45-57

A Ismunandar, Kontribusi Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru, Jurnal RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business 3 (4), 10-17.

AP Rini, Implikasi era revolusi industry 4.0 terhadap pengembangan kemampuan sumber daya manusia di perguruan tinggi, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7 (2), 4831-4837.

Bambang Syahril, 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Briant, K. A., Gray L. A., Gallegos P.B., 2005. Performance Theories in Education. Power, Pedagogy and the Politics of Identity. London: Lawrence Erlbaum Associates, Pulicher (LEA).

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.

E. Mulyasa. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

H. Hasan, A.. Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jurnal Al Qiyam, Vol 3 (2), 214-222, 2022. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i2.285.

Ismunandar, A. "Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat". Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 205-219. 2020. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.

Ismunandar, A. "Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter". Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 34-49. 2022. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.751.

Jones, F. Mazda & Lord, S. 2006. Developing Effective Teacher Performance. London: Sage Publication Inc.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Landasan Prikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nazara, D. S., Se, M. M., Casriyanti, S. P., Fauzi, H., Trianto, E., Arif Ismunandar, M. M., Raule, J. H., Kes, S. K. M. M., Syamsuddin, A. R., & Jamil, I. M. 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia” Teoritis Dan Praktis”. Cv. Mitra Cendekia Media.

Rachman Natawijaya. 2006. Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jatinangor: Alqaprint.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, Jakarta: Bumi Aksara.

Soewadji Lazaruth. 1994. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Yogyakarta: Kanisius, cet. VI.

Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

Tabrani Rusyan dkk. 2000. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV. Dinamika Karya Cipta.

T. Muntoha, C.E Wulandari, Effective Strategies for Second Language Acquisition: The Role of Educational Management in Improving Learning Quality, International Journal of Language and Culture 1 (2), 32-38

Zakiah Daradjat. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Anggraini, S. (2025). PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS KINERJA GURU BAHASA INDONESIA: ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI DI SEKOLAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6081–6089. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47459

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.