ANALISIS DAMPAK PEMBAHARUAN KURIKULUM NASIONAL TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN PROFESIONALISME GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.47196Keywords:
Pembaharuan Kurikulum Nasional, Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru.Abstract
Pembaharuan kurikulum nasional sangat penting untuk menjawab tantangan global dan kebutuhan adaptasi sumber daya manusia. Namun, pada penerapannya kerap dihadapkan pada tantangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan profesionalisme bagi guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana dampak pembaharuan kurikulum nasional terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di kelas serta mengevaluasi kesiapan dan profesionalisme guru dalam penerapannya. Menggunakan metode kajian pustaka (literature review) dengan menganalisis berbagai jurnal ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan, data dikumpulkan secara sistematis dan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif melalui koding, kategorisasi, dan sintesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum baru mendorong terjadinya pergeseran pedagogi ke arah pembelajaran berpusat pada siswa dan berpeluang meningkatkan keaktifan siswa, meskipun dampaknya pada hasil belajar masih beragam. Guru juga menunjukkan kemauan beradaptasi namun terkendala kurangnya pelatihan secara komprehensif, beban kerja yang berlebih, dan sedikitnya dukungan profesional. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan pada guru, pendampingan, penguatan komunitas belajar guru, serta dukungan sumber daya dan penyederhanaan administrasi bagi sekolah untuk mencapai implementasi kurikulum yang lebih efektif dan berkelanjutan.References
Airlanda, G. S. (2024). Bukti Kesiapan Guru Sekolah Dasar Akibat Seringnya Perubahan Kurikulum di Indonesia.
Ariefin, D. (2023). Prinsip-Prinsip Praktis Bersikap dalam Mendampingi Orang Dewasa Belajar. Didache: Journal of Christian Education, 4(1), 91–106. https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.659
Berliana, N., Indah, N., Hamidah, F., Jasmi, R. A., Islam, B. K., Dakwah, F., Sultan, U., Hasanuddin Banten, M., Al-Qur’an Dan Tafsir, I., Ushuludin, F., Abad, D., & Banten, H. (2024). TERPENCIL: STUDI KASUS DI DESA CISAMPANG (Vol. 4).
Ibnu Prayoga, F., Masruroh, N., & Vina Safitri, N. (2024). Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series 7 (3) (2024) 613-622 Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Lukmariadi, R., & Zubaidah. (2024). Perubahan Kurikulum dalam Kesiapan Guru. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 15–28. https://doi.org/10.22373/jrpm.v4i2.3931
Marianus Subandowo. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0.
Mere, K. (2024). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGADAPTASI PERUBAHAN KURIKULUM YANG SERING BERGANTI . https://core.ac.uk/download/642409802.pdf
Munandar, A., & Stkip Bima, P. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram.
Nana Hendra Cipta, Siti Rokmanah, & Aini Islamiati. (2023). DAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP SISWA DI SEKOLAH DASAR.
Pranata, D. C., Sukmayadi, Y., & Budiman, N. (2024). Pengembangan kompetensi guru dalam menghadapi masa peralihan Kurikulum Merdeka. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(1), 10. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i1.80164
Puspita, A. L., Suroso, S., & Santi, D. E. (2024). Hubungan antara Kesiapan Menghadapi Perubahan, Persepsi Dukungan Organisasi, Psychological Capital dan Stress Kerja ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Kota Surabaya. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 14(2), 471. https://doi.org/10.24127/gdn.v14i2.9764
Rinjani, A. Q., Mimi Mulyani, & Ratna Rosita Pangestika. (2025). TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN: DINAMIKA PERUBAHAN PENERAPAN KURIKULUM DI INDONESIA. https://doi.org/10.35906/panrita.v5i2.300
Risdiany, H. (2021). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal AL-HIKMAH, 3(2).
Rusandi, D., Pramono, H., Herlangga, A. T. F., Carsiwan, C., & Priyono, D. (2024). Pendekatan Pedagogis dalam Desain Kurikulum: Studi “Menjawab Tantangan Abad 21”. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8671–8676. https://doi.org/10.54371/JIIP.V7I8.5076
Setyasari, G. E., Sutopo, A., & Fuadi, D. (2025). Pengelolaan Komunitas Belajar Guru: Tantangan dan Peluang dalam Peningkatan Profesionalisme. In Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol. 14, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org2121
Setyorini, R., Martono, M., & Hartoyo, A. (2023). PENGARUH KEBIJAKAN PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 383–398. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2770
Soleha, Z., & Mujahid, K. (2024). Analisis Hambatan dan Tantangan: Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Kehidupan Sehari-hari Guru. TSAQOFAH, 4(1), 563–574. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2531
Sukari, S., & Sugiyarti, S. (2024). Mengidentifikasi Isu-isu Pendidikan di Indonesia dan Solusinya. TSAQOFAH, 4(6), 3854–3868. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i6.3869
T. Hasballah, & Zulfatmi. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Tantangan, Kebijakan, Dan Dampak Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edukatif, 10, 312–322. https://doi.org/10.37567/jie.v10i2.3404
Westi Riani. (2004). Pembangunan Pendidikan sebagai Motor Penggerak IPM Jawa Barat. Jurnal MIMBAR, Universitas Islam Bandung. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/viewFile/214/157
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yeni Suryani, Haeruddin Haeruddin, Akhmad Akhmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




