PENGALAMAN PEMUSTAKA TERHADAP PROGRAM TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL (TPBIS) DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Dinda Putri Azrina Universitas Negeri Padang
  • Gustina Erlianti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45725

Keywords:

Perpustakaan, Inklusi Sosial, User Experience.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaiaman pengalaman pemustaka terhadap program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan sampel adalah dengan sampling total, yaitu pengembangan dari teknik non probability sampling, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, hal ini dilakukan bila jumlah populasi relative kecil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuisioner/angket. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) perolehan skor rata-rata untuk indikator useful (manfaat) adalah 3,43 dengan tingkat kepuasan sangat baik, (2) skor rata-rata untuk indikator usable (kemudahan) sebesar 3,25 dengan tingkat kepuasan baik, (3) skor rata-rata untuk indikator desirable (daya tarik emosional) sebesar 3,44 dengan tingkat kepuasan dangat baik, (4) skor rata-rata untuk indikator findable (mudah ditemukan) sebesar 3,12 dengan tingkat kepuasan baik, (5) skor rata-rata untuk indikator accessible (aksesibilitas) sebesar 3,19 dengan tingkat kepuasan baik, (6) skor rata-rata untuk indikator credible (kredibilitas) sebesar 3,31 dengan tingkat kepuasan sangat baik, dan (7) skor rata-rata untuk indikator valuable (nilai tambah) sebesar 3,18 dengan tingkat kepuasan baik. Perolehan skor akhir rata-rata untuk seluruh indikator pengalaman pemustaka sebesar 3,27 dengan tingkat kepuasan sangat baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pengalaman pemustaka terhadap program inklusi sosial tersebut dirasa sangat baik.

References

De Morville, Peter. (2004). User Experience Design. Semantic Studios. Diakses melalui https://semanticstudios.com/user_experience_design/ pada 27 desember 2024

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Haryanti, W. T. (2019). Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(3), 114-118.

Utami, D., & Prasetyo, W. D. (2020). Transformasi Perpustakaan Dalam Rangka Mewujudkan Layanan Perpustakaan Yang Inklusif : Studi Kasus Di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Pulang Pisau. Visi Pustaka: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 22(1), 35–46.

Downloads

Published

2025-05-13

How to Cite

Azrina, D. P., & Erlianti, G. (2025). PENGALAMAN PEMUSTAKA TERHADAP PROGRAM TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL (TPBIS) DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5036–5041. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45725