MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA DI RA AISYIYAH SIMPANG EMPAT MERBAU

Authors

  • Sumiati Sumiati Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ismaraidha Ismaraidha Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45674

Keywords:

Kepercayaan Diri Anak, Kegiatan Bercerita

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menumbuhkan kepercayaan diri anak usia dini melalui metode bercerita di RA Aisyiyah Simpang Empat Merbau. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan keadaan yang sebenarnya yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukann secara kualitatif dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak dapat dilakukan dengan menerapkan metode bercerita. Penerapan metode bercerita dilakukan guru di RA Aisyiyah Simpang Empat Merbau denganlangkah-langkah sebagai berikut: (1) pemilihan tema, hal ini agar guru mudah dalam menerapkan metode cerita yang akan dilaksanakan, guru akan menyesuaikan dengan tema yang telah ditentukan terlebih dahulu, (2) pembuatan teks, hal ini dapat memudahkan guru dalam menerapkan metode dan dapat pula dalam pembelajaran metode cerita dengan menggunakan imajinasi guru bercerita dengan kenyataan yang ada dalam arti guru dapat bercerita dengan mengarang dan pembuatan alat peraga, hal ini dilakukan bahwasannya agar guru mempersiapkan bahan untuk metode cerita sehingga dapat meningkatkan kemampuan kepercayaan diri anak dan anak tidak merasa bosan atau jenuh dalam penerapan metode cerita di kelas maupun di luar kelas, (3) menggunakan alat peraga, hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami cerita yang disampaikan oleh guru sehingga peserta didik dapat memvisualisasikan dengan bangtuan alat peraga yang dirancang oleh Guru

References

Apriyanti Yofita Rahayu. 2013.Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta; PT. Indeks.

Asmidar Parapat, dkk. 2023. Pendidikan Inklusif dalam Pembelajaran Taman Kanak Kanak. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Chairul Anwar. 2014. Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebelum Tinjauan Filosofi. Yogyakarta: Suka- Press.

Cresweel dan John W.2014. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Departemen Agama RI. 2014. Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Gema Insani.

Komang Sudarma Ni Komang Tendriana Merdeka Wati, A.A. Gede Agung, 2013.‘Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Kepercayaan Diri Anak Pada Kelompok B2 Di RA Widya Kumara Sari’, Jurnal PG-PAUD Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini,

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Direktor Pembinaan Pendidikan AnakUsia Dini.

Laila Maharani, Muhammad Mansur. 2017.Efektivitas Konseling Puisi Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Jurnal Bimbingan Konseling dan Konseling.

Lilis Madyawati.2016.Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta :Pradana Media.

Lexy J. Moleong, M.A. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Imam Musbikin. 2013. Buku Pintar PAUD. Yogyakarta: Laksana.

Ismaraidha, dkk. 2024. Menyemai Akhlak Mulia, Integrasi Pendidikan Karakter Religius Dan Budaya Literasi Al-Quran Di Madrasah. Sumatera Barat: PT. Mafy Media Literasi Indonesia.

Munisa, dkk. 2024. Kesiapan Sekolah Anak dalam Perspektif Psikologi. Medan: PT. Serasi Media Teknologi.

Muzdalifah M. Rahmah. 2013. Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, STAIN KUDUS Jawa Tengah, Vol. 8, No.2.

Nusa Putra, Nining Dwi Lestari. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Rahayu Dwi Utami. 2022. mplementasi Pembentukan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan di PAUD Harapan Mandiri Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling: Volume 4 Nomor 6

Rika Widya, dkk. 2020.Holistik Parenting, Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam. Jawa Barat: Edu Publisher.

Zannatunnisya, dkk. 2023.Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini (Integrasi Nilai Spiritual). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

Sumiati, S., & Ismaraidha, I. (2025). MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA DI RA AISYIYAH SIMPANG EMPAT MERBAU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5005–5008. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45674

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.