ANALISIS AKSIOLOGI DALAM KEBIJAKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMKN 1 PATUMBAK

Authors

  • Herdiana Br Sitompul Universitas Negeri Medan
  • Sri Karina Br Sebayang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45606

Keywords:

Analisis Aksiologi dalam Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMKN 1 Patumbak, aksiologi, gerakan literasi, pendidikan ekonomi

Abstract

Literasi kini mencakup pemahaman, interpretasi, dan penggunaan informasi secara efektif, tidak lagi terbatas pada kemampuan membaca dan menulis. Penelitian ini menganalisis implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMKN 1 Patumbak melalui pendekatan aksiologi, dengan fokus pada nilai edukatif, etika, sosial, estetika, praktis, serta pembentukan karakter seperti kemandirian, kedisiplinan, kerja sama, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. Metode yang digunakan adalah analisis konten inferensial dengan pendekatan deskriptif kualitatif, merujuk pada artikel Jefriyanto Saud (2024). Hasil menunjukkan kegiatan literasi mencakup membaca buku nonpelajaran, pojok baca, lomba literasi, dan buletin sekolah. Namun, hambatan seperti ketergantungan suasana hati, dominasi media sosial, dan evaluasi strategi masih ada. Rekomendasi meliputi integrasi literasi dalam pelajaran, keterlibatan orang tua, pemanfaatan teknologi, bahan bacaan kontekstual, dan metode "Reading for Action". GLS terbukti mendukung pembentukan karakter dan berpikir kritis siswa.

References

Axford, Nick. (2009). Child Well being Through Different Lenses Why Concept matters. Jurnal Child & Family Social Work, 14(3), hlm 372-383.

Creswell, John W. 2019. Research Design: Pendekatan, Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Denzin, Norman K. dan Yvonnas S. Lincoln. 2004. Handbook of Qualitative Research.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalaluddin dan Abdullah Idi. 2007. Filsafat Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Libraries (ACRL). Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 39(1), hlm. 37-49. DOI: http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v0i0.346.

Prasetyo, Djoko, dkk. (2018). Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Menurut Standar Kompetensi Literasi Informasi Association of College & Research.

Retaningdyah, Pratiwi, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Saud, J. (2024). Strategi penguatan literasi di Indonesia: Pembelajaran dari sistem literasi Jepang. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(16), 45-58. https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/ejoin/article/view/3615

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1 (1), hlm. 325-343. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480.

Wiedarti, dkk. (2016). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

. 2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

ACRL. (2010). Introduction to Information Literacy, 4, hlm. 22-25. Diakses dari http://www.ala.org/ala/mgrps/divs/acrl/issues/infolit/overview/intro/index.cfm. pada 09 Maret 2025.

CCSU News Release. (2016). Most Littered Nation In the World. Diakses dari https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data). pada 09 Maret 2025.

Cooper, J. David. (2014). Literacy: Helping Students Construct Meaning. Houghton Mifflin. https://books.google.co.id/books. Diunduh pada 09 Maret 2025.

Ilmiawan, R.S. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah dan Minat Baca Siswa di SMP N 9 Yogyakarta. Journal Student UNY, 6(7). Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/social-studies/article/view/10270 pada 09 Maret 2025.

Novanda, Y. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas pada Tiga Kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal Student UNY,7(2),hlm.163-175.

http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbsi/article/view/11463/11009 pada 09 Maret 2025.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Diakses dari: https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisaindonesiatahun-2018-turun- dibanding-tahun-2015/.[09 Maret 2025].

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

Sitompul, H. B., & Sebayang, S. K. B. (2025). ANALISIS AKSIOLOGI DALAM KEBIJAKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMKN 1 PATUMBAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4977–4982. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45606

Similar Articles

<< < 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.